sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Penyebab Ibu Hamil Alami Pendarahan setelah Berhubungan Seks

Khesedtov Bana   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 22:10 WIB
Happy pregnant woman with her husband in the room. 4 Penyebab Ibu Hamil Alami Pendarahan setelah Berhubungan Seks /Foto: iStockphoto
Jakarta -

Melakukan hubungan seks dengan suami di kala Bunda mengandung pasti akan terasa berbeda. Bunda mungkin akan merasa aneh, canggung, dan mudah lelah.

Saat melakukan hubungan intim, ibu hamil pasti memiliki kecemasan tertentu. Salah satunya bila Bunda alami flek setelah melakukan hubungan seks. Bunda pasti cemas, khawatir janin dalam kandungan terganggu.

Melalui artikel ini, kita akan membahas apakah pendarahan saat melakukan hubungan intim ketika Bunda mengandung berbahaya atau normal. Simak artikel ini ya, Bunda.


Berhubungan seks saat hamil

Mungkin bunda mempertanyakan apakah seks saat mengandung aman atau tidak, terlebih bila menyebabkan flek. Jawabannya adalah normal. Dikutip dari Romper,  Dr. Neely Elisha, D.O., mengungkapkan bahwa aman untuk melakukan seks ketika mengandung. 

“Aman untuk lanjut melakukan seks ketika hamil. Sembari kehamilan bertumbuh, ibu mungkin mau mencari posisi yang lebih nyaman. Jadilah terbuka dan bicarakan dengan pasangan sehingga Anda dan suami bisa mendapatkan pengalaman seks yang nyaman dan menyenangkan,” ungkap Dr. Elisha. 

Untuk itu, Bunda bisa menyesuaikan beberapa hal demi kenyamanan dan melakukan seks selama kehamilan. Lebih lanjut, berhubungan seks meski sudah memasuki trimester ketiga tetap disebut aman.

Namun, Dr. Elisha mengungkapkan bahwa pasti akan ada beberapa hal yang perlu dihindari saat seks bahkan tidak melakukannya bila kehamilan Bunda termasuk memiliki risiko yang tinggi.

Kondisi seperti plasenta yang rendah, serviks yang tidak normal, dan beberapa faktor resiko kelahiran prematur akan membuat dokter menyarankan Bunda untuk berhati-hati atau bahkan tidak melakukan hubungan seks selama kehamilan. Bunda juga harus melakukan diskusi bersama dokter kandungan apakah seks bisa dilakukan bila Bunda memiliki riwayat pendarahan saat hamil.

Pendarahan atau flek setelah berhubungan seks

Ada beberapa penyebab munculnya pendarahan atau flek setelah ibu hamil melakukan hubungan seksual, berikut beberapa di antaranya:

1. Pendarahan implantasi

Tidak setiap pendarahan saat atau setelah melakukan seks saat hamil menandakan adanya masalah, terlebih bila hanya flek. Namun, sangat wajar bila Bunda ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebenarnya pun memiliki pemahaman informasi yang baik terkait dengan kesehatan Bunda sangatlah bagus, terlebih saat Bunda mengandung.

Dr. Elisha kemudian menerangkan bahwa penjelasan yang sangat umum untuk penyebab terjadinya pendarahan implantasi adalah momen embrio menempel pada rongga rahim. “Pada masa awal kehamilan ketika ovum menempel pada rahim, Anda mungkin akan mengalami flek atau pendarahan kecil. Ini disebut dengan pendarahan implantasi dan cukup normal,” ujar Dr. Elisha.

Cek halaman berikutnya untuk melihat penyebab lain pendarahan saat lakukan hubungan intim ketika sedang hamil, ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang posisi aman berhubungan seks saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB PENDARAHAN SAAT LAKUKAN HUBUNGAN INTIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!