sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Obat Alami Pelancar Haid untuk Mencegah Kehamilan, Bisa dengan Makan Nanas

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 11 Aug 2022 18:32 WIB
Ilustrasi nanas caption
Jakarta -

Obat pelancar haid agar tidak hamil sering diandalkan para Bunda di luar sana yang masih menunda kehamilan. Kira-kira, apa saja ya, obat pelancar haid yang bisa diandalkan, Bunda? Cari tahu yuk!

Tamu bulanan seringkali memang datang terlambat ya, Bunda. Dan hal ini kerap membuat Bunda di luar sana jadi deg-degan khususnya yang masih menunda kehamilan atau sudah tidak ingin hamil lagi.

Biasanya, dalam kondisi tersebut, mengandalkan obat pelancar haid agar tidak hamil banyak dilakukan para wanita.  Dengan begitu, proteksi kehamilan tetap berjalan lancar seperti yang diharapkan.


Obat pelancar haid alami

Melansir Healthline, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk melancarkan haid Bunda. Simak yuk:

1. Jahe

Cara melancarkan haid secara alami juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe. Jahe sendiri digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur. 

Bunda juga bisa menambahkan kayu manis yang bermanfaat untuk melancarkan haid. Rempah-rempah ini secara signifikan dapat membantu mengurangi nyeri haid dan perdarahan. 

2. Cuka apel

Cara lain yang bisa dicoba sebagai obat pelancar haid yakni dengan minum cuka apel setiap hari. Sari apel memiliki rasa pahit yang mungkin sulit dikonsumsi sebagian orang. Jika ingin mencoba meminumnya tetapi bermasalah dengan rasanya, cobalah mengencerkannya dengan air dan menambahkan satu sendok makan madu.

3. Nanas

Tak hanya itu, obat pelancar haid agar tidak hamil secara alami juga kerap diandalkan banyak wanita yakni dengan makan nanas. Nanas  merupakan obat rumahan yang populer untuk masalah menstruasi. Selain mengandung bromelain, enzim yang diklaim dapat melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi, bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit. 

"Meski demikian, pengobatan rumahan mungkin bisa bermanfaat, tetapi, Bunda tetap harus menemui dokter jika merasakan gejala tak biasa guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut,"ujar Debra Rose, PhD, MSN, R.N, IBCLC.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan obat atau perawatan lain tergantung pada kasus yang Bunda alami sehingga haid kembali lancar.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 gejala yang membedakan kehamilan dan menstruasi.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
OBAT PELANCAR HAID AGAR TIDAK HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!