sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan Bantu Percepat Haid, Jadwalnya pun Jadi Lebih Teratur Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 14:00 WIB
Young beautiful woman holding menstruation calendar at home cover mouth with hand shocked with shame for mistake, expression of fear, scared in silence, secret concept 7 Makanan Bantu Percepat Haid, Jadwalnya pun Jadi Lebih Teratur Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

Bunda mungkin sudah tidak asing dengan siklus haid yang maju mundur ya. Atau bahkan tidak haid dalam waktu tertentu. Tentu saja Bunda khawatir, bukan hanya karena takut hamil, jika Bunda sengaja menunda mendapatkan momongan. Namun terlambat haid juga bisa berdampak psikis makin stres ya. 
 
Padahal, stress justru menjadi pemicu terlambat haid lho, Bunda. Hormon yang berperan dalam munculnya stres adalah hormon kortisol. Kortisol ini juga bisa menghambat jalannya ovulasi dalam tubuh Bunda. Dengan menurunnya hormon estrogen untuk ovulasi, haid Bunda jadi tertunda. Ketika stres meningkat, ada kemungkinan periode haid Bunda berhenti sementara.

Karena terlambat haid merupakan masalah paling umum pada banyak perempuan, terdapat banyak juga cara yang dipercaya dapat mempercepat haid, Bunda. Apa saja? Yuk kita lanjutkan. 

Percepat haid melalui rempah hingga buah

Melansir dari Timesofindia, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi masalah keterlambatan haid Bunda sebagai berikut:


  1. Peterseli
    Peterseli telah digunakan secara tradisional untuk menginduksi haid selama berabad-abad. "Apiol dan myristicin, dua zat yang terkandung dalam peterseli, merangsang kontraksi rahim," catat Dr. LovneetBatra, Ahli Nutrisi Klinis Fortis La Famme.
  2. Jinten
    Juga dikenal sebagai jeera dalam bahasa Hindi, termasuk dalam keluarga yang sama dengan peterseli dan juga memiliki efek yang sama..
  3. Biji ketumbar 
    Biji ketumbar dikatakan sebagai obat rumah yang paling efektif untuk haid yang tidak teratur karena sifat emmenagoguenya.
  4. Biji adas 
    Biji adas, juga dikenal sebagai saunf dalam bahasa Hindi, dapat direbus dalam air untuk membuat teh harum yang harus dikonsumsi setiap pagi dengan perut kosong untuk mengatur aliran darah haid.
  5. Biji wijen (Til)
    Biji wijen, yang dikenal sebagai til dalam bahasa Hindi, dapat dikonsumsi untuk menginduksi haid, tetapi hanya boleh dimakan dalam jumlah sedang karena menyebabkan efek panas pada tubuh ya. 
  6. Jahe
    Teh jahe adalah salah satu emmenagogue yang paling kuat. Tetapi tidak seperti peterseli, ia dapat memiliki beberapa efek samping, seperti keasaman. Untuk haid yang sangat terlambat, kombinasi peterseli dan teh jahe dianjurkan. Jahe dianggap meningkatkan panas di sekitar rahim, sehingga meningkatkan kontraksi.
  7. Kunyit
    Kunyit sebagai sumber estrogen yang baik untuk Bunda bisa berfungsi sebagai fitoestrogen. Selain itu, kunyit memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim. 

Selain itu, ada pula buah-buahan yang juga bisa mempercepat haid. Apa saja? Simak di halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara hitung siklus haid untuk tahu peluang hamil Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BUAH-BUAHAN YANG MEMPERCEPAT HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!