sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Faktor Ini Tunjukkan Ciri Kandungan Kuat, Perhatikan juga BB Bunda Ya!

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 07 Aug 2022 07:00 WIB
Ibu Hamil 4 Faktor Ini Tunjukkan Ciri Kandungan Kuat, Perhatikan juga BB Bunda Ya!/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mengenal ciri-ciri kandungan kuat penting sekali diketahui oleh para ibu hamil. Selain memastikan kehamilan tetap sehat, mengetahui ciri-ciri kandungan kuat menjadi acuan bagi bumil bahwa kehamilannya tak terkendala apa pun.

Ciri-ciri kandungan kuat memang kerap tak diperhatikan secara detail oleh ibu hamil. Padahal, ciri-ciri kandungan kuat dapat menjadi rujukan bagi bumil dalam menakar kesehatan kehamilannya.

Bunda yang sehat tentunya lebih mungkin memiliki kandungan yang kuat. Dan, merawat diri dengan baik dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk mendapatkan kandungan yang kuat.


Perlu diketahui bahwa tumbuh kembang yang baik selama kehamilan menjadi cara yang paling pasti dalam melacak bahwa janin berkembang menjadi bayi yang sehat.

Mendapatkan perawatan antenatal secara teratur membantu bumil mendapatkan kandungan kuat hingga persalinan.

Faktor yang tunjukkan ciri kandungan kuat

Rata-rata, janin dapat diharapkan tumbuh dengan kecepatan sekira 2 inci per bulan. Umumnya, rata-rata berat bayi saat lahir sekitar 3 kg, namun angka ini sangat bergantung pada genetik bayi, seperti dikutip dari laman Parents.

Oh ya, Bunda, menandai ciri-ciri kandungan kuat juga bisa dilakukan dengan melihat beberapa parameter berikut ya, Bunda:

1. Kenaikan berat badan ibu

Penambahan berat badan dan pertumbuhan perut ibu menjadi salah satu indikator bahwa kandungan kuat dan janin berkembang dengan baik.

2. Gerakan bayi

Gerakan bayi biasanya dapat dirasakan dari sekitar 5 bulan atau 20 minggu dan setelah beberapa waktu akan terlihat pola gerakannya. Gerakan pertama bayi secara medis disebut percepatan janin.

Pada usia enam bulan, bayi akan merespons suara dengan gerakan. Dan, pada saat usia tujuh bulan, bayi akan merespons rangsangan lain seperti cahaya, rasa sakit, atau suara.

Pada saat bayi mencapai usia delapan bulan, dia akan pindah posisi dan menendang lebih aktif. Saat kehamilan mendekati masa persalinan, ruang dalam rahim lebih terbatas dan bayi lebih sedikit bergerak karena ia kehabisan ruang untuk beraktivitas.

Selain tanda-tanda kandungan kuat seperti di atas, Bunda juga bisa menyimak ulasan lengkapnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips pantau perkembangan janin.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CIRI-CIRI KANDUNGAN KUAT, PERHATIKAN YUK!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!