sign up SIGN UP search

kehamilan

Bunda, Yuk Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Kandungan Semakin Kuat Ya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 12 Aug 2022 19:10 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption

Bunda, rahim atau kandungan yang kita miliki adalah struktur berbentuk buah pir di panggul. Terletak di belakang kandung kemih dan di depan rektum.

Rahim tumbuh selama kehamilan. Setelah itu, ia menyusut kembali hampir ke ukuran aslinya dalam beberapa minggu. Mengutip dari Verywellhealth, di setiap sisi rahim adalah saluran tuba dan ovarium. Rahim, vagina, ovarium, dan saluran tuba membentuk sistem reproduksi wanita.

Mengingat organ-organ ini sangat dekat satu sama lain, rasa sakit di panggul bisa berhubungan dengan rahim atau sesuatu yang lain sama sekali. Sebagai pertanda jika rahim Bunda mungkin dalam kondisi tidak sehat ya. 


Nah, setiap perempuan pasti menginginkan organ reproduksinya dalam kondisi sehat dan mendukung kehamilan yang diharapkan ya. Tentunya setiap Bunda yang sedang hamil mengharapkan kandungannya senantiasa selalu sehat dan kuat hingga tiba saatnya melahirkan.

Untuk bisa mendapatkan ini, Bunda sangat perlu menjaga kesehatan tubuh bahkan dari sebelum hamil. Lantas bagaimana ciri-ciri kandungan yang sehat? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

Ciri kandungan kuat

Berikut beberapa ciri-ciri kandungan yang kuat dan sehat seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Pola pertumbuhan yang konsisten

Pertumbuhan dan perkembangan yang baik adalah cara yang paling pasti untuk melacak bahwa janin Bunda berkembang menjadi bayi yang sehat. Melakukan perawatan antenatal secara teratur membantu praktisi kesehatan Bunda untuk merencanakan perkembangan bayi dan memastikan bahwa tonggak pertumbuhan tercapai.

Rata-rata janin dapat diharapkan tumbuh dengan kecepatan sekitar dua inci atau 5,08 cm per bulan. Umumnya, rata-rata berat bayi saat lahir sekitar 3 kg, namun angka ini sangat bergantung pada genetik bayi.

2. Terjadi peningkatan berat badan 

Hal yang juga berhubungan dengan perkembangan janin adalah adanya penambahan berat badan dan pertumbuhan perut Bunda. Pada setiap pertemuan antenatal, dokter kandungan akan mengukur berat badan Bunda dan mengukur pertumbuhan besar perut Bunda.

3. Ada progres gerakan janin

Gerakan bayi Bunda biasanya dapat dirasakan dari sekitar usia kandungan 5 bulan atau 20 minggu dan setelah beberapa waktu Bunda akan mulai memperhatikan pola gerakannya. Gerakan pertama bayi Bunda secara medis disebut sebagai gerakan janin cepat.

Pada usia enam bulan, bayi Bunda akan merespons suara dengan gerakan dan pada saat ia berusia tujuh bulan, ia akan merespons rangsangan lain seperti cahaya, rasa sakit, atau suara.

Saat bayi mencapai usia delapan bulan, dia akan berpindah posisi dan akan menendang lebih aktif. Saat kehamilan Bunda mendekati waktu penuh dan ruang di dalam rahim lebih terbatas, bayi Bunda akan bergerak lebih sedikit, hal ini terjadi hanya karena ia kehabisan ruang untuk melakukannya.

4. Detak jantung janin teratur

Ukuran lain dari kehamilan yang sehat yang akan diambil secara konsisten pada jadwal pemeriksaan antenatal Bunda adalah detak jantung bayi. Detak jantung janin dapat didengar sejak minggu kelima kehamilan dan berkisar antara 100 hingga 160 detak per menit.

Praktisi kesehatan Bunda dapat melakukan tes non stres untuk mengevaluasi apakah bayi Bunda memiliki detak jantung yang sehat pada tahap akhir kehamilan Bunda.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATUR POLA MAKAN UNTUK MENGUATKAN KANDUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!