sign up SIGN UP search


kehamilan

Tes Genetik saat Promil Mampu Deteksi Risiko Penyakit Anak Kelak

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 16:43 WIB
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Tes Genetik saat Promil Mampu Deteksi Risiko Penyakit Anak Kelak /Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tes genetik saat promil disebut mampu deteksi risiko penyakit yang mungkin kelak dialami anak. Bagaimana prosedur lengkapnya? Simak penjelasannya yuk Bunda.

Tes atau skrining genetik disarankan untuk para pasangan sebelum mencoba untuk hamil. Tes ini dilakukan untuk menganalisis adanya kemungkinan risiko sebelum pembuahan, seperti mengetahui ada penyakit keturunan langka dalam genom yang dibawa oleh Ayah atau Bunda tanpa disadari.

Di Amerika Serikat, tes genetik ini sudah secara luas ditawarkan kepada calon orang tua. Biasanya juga direkomendasikan pada awal kehamilan ya Bunda.


Manfaat tes genetik saat promil

Anita Rauch, direktur genetika medis di Universitas Zurich, dan timnya di Swiss telah mempelajari secara ekstensif potensi dari tes genetik.

Kemudian, mereka menguji data dari 700 orang tua yang sudah memiliki anak yang memiliki gangguan perkembangan saraf. Hasilnya, lebih dari 3.000 gen yang dapat menyebabkan cacat intelektual, gangguan perkembangan, autisme, dan gangguan lainnya lho Bunda.

“Dalam penelitian kami, kami dapat menunjukkan bahwa jenis pengujian genetik luas ini dapat mendeteksi risiko anak mengalami gangguan perkembangan pada sekitar 44 persen kasus jika orang tua memiliki hubungan darah, misalnya sebagai sepupu pertama atau kedua," ungkap Rauch.

Dilansir dari laman News-medical.net, risiko penyakit yang mungkin dialami oleh anak bisa terjadi pada pasangan tidak sedarah ataupun sebaliknya ya Bunda. Namun, anak-anak dari pasangan yang tidak sedarah, proporsi gangguan perkembangan terjadi secara signifikan disebabkan oleh mutasi de novo non-herediter.

Sedangkan pada anak-anak dari orang tua yang masih satu kerabat, efek yang paling besar berasal dari defek gen herediter. Sehingga dengan alasan tersebut, para peneliti menyatakan bahwa kemungkinan mendeteksi risiko dengan menganalisis gen orang tua terbatas untuk pasangan non-kerabat.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai tes genetik.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tes kehamilan yang sebaiknya dilakukan jelang melahirkan.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT DAN RISIKO SKRINING GENETIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!