sign up SIGN UP search

kehamilan

8 Kondisi atau Penyakit yang Mungkin Timbul Setelah Operasi Caesar

Nanie Wardhani   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 12:20 WIB
KONDISI SETELAH OPERASI CAESAR PADA BAYI
Ilustrasi menyusui usai melahirkan caption

Sang Bunda bukan satu-satunya yang dapat mengalami komplikasi dari persalinan sesar. Terkadang, bayi juga mengalami masalah.

Kondisi yang mungkin terjadi setelah operasi caesar pada bayi

Komplikasi berikut dapat memengaruhi bayi, dilansir dari Healthline:

Luka atau torehan dari alat operasi

Sama seperti kulit, pembuluh darah, dan organ ibu yang dapat terluka oleh operasi, bayi juga dapat terpotong secara tidak sengaja selama persalinan sesar. Ini jarang terjadi (1 sampai 2 persen dari persalinan caesar); setiap luka biasanya sangat kecil dan sembuh dengan cepat. 


Masalah pernapasan

Yang lebih sering terjadi daripada luka torehan adalah, bayi mengalami beberapa masalah pernapasan saat dilahirkan melalui operasi caesar. Mereka mungkin membutuhkan perawatan ekstra untuk bernapas atau berkembang segera setelah lahir.

Banner Cerita Kehamilan Gracia Indri

Skor Apgar rendah

Bayi yang lahir melalui persalinan sesar juga 50 persen lebih mungkin memiliki skor Apgar yang rendah dibandingkan bayi yang lahir pervaginam. Skor Apgar mengukur seberapa tampak sehat bayi Bunda segera setelah lahir.

Banyak bayi lahir melalui operasi caesar karena masalah lain (seperti detak jantung yang lambat, gawat janin, atau persalinan yang lama). Masalah yang menyebabkan persalinan sesar dan anestesi dari operasi itu sendiri dapat menyebabkan beberapa masalah sementara yang muncul sebagai skor Apgar yang rendah.

Kelahiran prematur dari usia kehamilan yang salah

Terakhir, beberapa bayi yang lahir melalui operasi caesar mengalami masalah karena mereka prematur. Ini sering terjadi ketika seorang wanita melahirkan lebih awal karena masalah dengan kehamilan.

Itu juga terjadi ketika usia kehamilan bayi dihitung secara tidak benar. Terkadang, persalinan sesar direncanakan pada saat bayi diperkirakan sudah dekat atau cukup bulan, tetapi setelah operasi ternyata usianya salah dan bayi dilahirkan terlalu dini.

Bayi yang lahir terlalu dini dapat mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan. Ketika bayi cukup bulan dan persalinan sesar direncanakan, komplikasi pada bayi jarang terjadi dan biasanya bersifat sementara. Tidak ada penelitian yang menunjukkan perbedaan permanen antara bayi yang lahir pervaginam dan bayi yang lahir melalui operasi caesar.

 

(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!