sign up SIGN UP search

kehamilan

7 Makanan Enak yang Bisa Menggugurkan Kandungan, Hindari Dulu ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 04 Sep 2022 07:00 WIB
Makanan yang bisa menyebabkan keguguran caption
Jakarta -

Makanan yang bisa menggugurkan kandungan beberapa di antaranya memang biasa dikonsumsi sehari-hari. Tetapi saat menjalani kehamilan, sebaiknya Bunda menahan diri untuk tidak melahapnya guna mencegah risiko keguguran.

Perjalanan menjadi Bunda memang dimulai dengan kehamilan. Karena itu, sangat penting bagi ibu hamil memiliki pola makan sehat, seimbang, dan bergizi terutama memasukkan buah dan sayuran dalam asupan harian.

Sementara itu, ada beberapa makanan lain yang memang perlu diwaspadai ya, Bunda. Pasalnya, beberapa makanan yang umumnya dimakan aman bisa memicu keguguran saat Bunda sedang hamil terutama saat trimester pertama kehamilan.


Makanan yang bisa menyebabkan keguguran

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), sebanyak 15-20 persen kehamilan diketahui berakhir dengan keguguran. Tetapi, biasanya pada usia kehamilan minggu keenam atau tujuh, risiko untuk mengalami keguguran turun menjadi kurang dari 5 persen, berapa pun usia Bunda.

"Terlepas dari seberapa umum keguguran, banyak orang secara mengejutkan tidak mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkannya," kata Michael Lu, M.D, profesor obstetrics & ginekologi di University of California, Los Angeles, seperti dikutip dari laman Parents.

Beberapa penyebab keguguran memang beragam ya, Bunda. Selain disebabkan faktor tertentu, pemilihan makanan juga bisa berpotensi terhadap munculnya risiko keguguran dalam kehamilan seseorang.

Di awal kehamilan, biasanya memang para ibu hamil kesulitan mengendalikan diri mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Karena, keinginan atau mengidam makanan-makanan tertentu kerap dipenuhinya.

Padahal Bunda mungkin sebenarnya tahu bahwa makanan tersebut sebaiknya dihindari selama kehamilan. Tetapi, karena alasan sulitnya masuk makanan di awal kehamilan, biasanya tak sedikit ibu hamil yang tetap mengonsumsinya. Padahal, makanan tersebut berpotensi menimbulkan keguguran.

Apa saja jenis makanan yang bisa menyebabkan keguguran? Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan lebih lengkapnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 10 buah yang tak boleh dikonsumsi ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN YANG BISA MENGGUGURKAN KANDUNGAN, BUMIL PERLU HINDARI NIH!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!