sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Hal Ini Berpotensi Membahayakan Kesuburan Wanita, Jauhi Segera ya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 12:10 WIB
Crossed hands. Break the bias symbol of woman's international day. Woman arms crossed to show solidarity, commitment to calling out bias, breaking stereotypes, inequality, rejecting discrimination. caption
Jakarta -

Setelah menikah, ada pasangan suami istri yang mungkin mudah untuk mendapat keturunan, tapi ada juga yang memerlukan upaya lebih untuk mendapatkan kehamilan.

Bahkan, faktanya sekitar 15 persen pasangan usia reproduksi di seluruh dunia  mengalami masalah infertilitas dan setiap tahun jumlahnya terus bertambah, seperti dikutip dari Insider.com.

Ada banyak faktor penyebab mengapa pasangan mengalami infertilitas ya Bunda. Penyakit, obat-obatan, keturunan, kebiasaan gaya hidup atau bahkan paparan bahan kimia tertentu semuanya bisa memengaruhi kesuburan, Bunda.


Faktor yang memengaruhi kesuburan wanita

Saat muda, mungkin banyak wanita yang kurang peduli dengan gaya hidupnya. Padahal, mungkin hal tersebut bisa memicu risiko kemandulan di masa depan. Lebih baik mencegah sejak dini ya Bunda agar tidak menyesal di kemudian hari.

Apalagi bila Bunda berencana akan hamil dalam waktu dekat, menjaga kesehatan dengan memperhatikan hal-hal kecil yang setiap hari dilakukan sangatlah penting. Sebab, gaya hidup dapat berdampak serius pada kesehatan reproduksi saat ini dan di masa depan.

Melansir laman Timesofindia.com, ada 5 hal yang bisa bahayakan kesuburan Bunda. Sebaiknya segara dijauhi ya Bunda.

1. Merokok

Semua orang sadar akan efek buruk yang akan ditimbulkan dari merokok. Perokok aktif ataupun pasif pasti akan terkena dampaknya, terutama masalah kesehatan. Merokok bukan hanya merusak paru-paru dan meningkatkan risiko penyakit lain, tetapi juga dapat mempengaruhi kesuburan pria dan wanita lho Bunda,

Wanita lebih berisiko mengalami infertilitas karena merokok jika dibandingkan dengan pria. Dampak buruk lainnya, merokok dapat memicu menopause dini pada wanita dan dapat menurunkan kualitas sperma pada pria.

Berhenti merokok mungkin bisa meningkatkan kesuburan, tetapi karena merokok merusak persediaan sel telur wanita, mungkin ada beberapa kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

2. Paparan bahan kimia 

Kesuburan juga dapat dipengaruhi oleh paparan bahan kimia tertentu, polutan, pestisida, dan senyawa industri. Data menunjukkan bahwa bersentuhan dengan bahan kimia berbahaya dapat menurunkan peluang untuk hamil hingga 29 persen, Bunda.

Jadi, ketika berbelanja bahan makanan, carilah barang-barang yang bebas dari PCB, ftalat dan furan. Umumnya bahan kimia ini bisa ditemukan dalam produk pembersih dan kecantikan rumah tangga.

Klik halaman berikutnya untuk melihat tiga hal lain yang bisa memengaruhi kesuburan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda infertilitas pada wanita.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
TINGKAT STRES HINGGA ASUPAN KOPI BERLEBIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!