sign up SIGN UP search


kehamilan

Ssst..! Kamar yang Berisik Ternyata Bisa Turunkan Kesuburan Pria Lho

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 21:10 WIB
pria tidur caption
Jakarta -

Bagi Bunda yang tinggal di area perkotaan mungkin sudah terbiasa dengan suara bising, seperti suara dari kendaraan di jalanan, pekerja konstruksi atau stasiun metro di dekat tempat tinggal. Suara keras tersebut mungkin tidak mengganggu waktu tidur karena telah terbiasa mendengarnya tapi ternyata suara berisik itu bisa memengaruhi kesuburan lho.

Menurut sebuah penelitian, paparan suara keras di malam hari saat tidur dapat meningkatkan risiko kemandulan pada pria. Infertilitas merupakan masalah modern yang bisa mempengaruhi pria dan wanita dan sekitar 15 persen pasangan menghadapi ketidaksuburan.

Infertilitas terjadi karena beberapa faktor, seperti paparan berlebihan terhadap faktor lingkungan tertentu, merokok, asupan alkohol berlebihan, infeksi, tekanan darah tinggi, depresi dan sekarang ini peneliti telah membuat faktor tambahan lain, yaitu pengaruh polusi suara pada kesehatan.


Pengaruh suara pada kesuburan pria

Hubungan antara polusi suara dan masalah kesehatan bukanlah suatu hal baru. WHO bahkan telah memperingatkannya beberapa kali dan mencap sebagai bahaya yang semakin meningkat.

Menurut WHO, polusi suara merupakan jenis polusi paling berbahaya kedua setelah polusi udara. Polusi suara telah dikaitkan dengan gangguan tidur, serangan jantung, tinnitus, stroke, dan bahkan obesitas.

Selain itu, polusi suara juga telah dikaitkan dengan kelahiran prematur dan keguguran. Informasi terbaru menunjukkan bahwa polusi suara bahkan dapat mengurangi kesuburan pria.

Melansir laman Spermcheck.com, mendengarkan kebisingan terus-menerus dapat mengaktifkan respons stres tubuh yang mengganggu kontrol normal hormon seks. Tubuh akan melepaskan kortisol saat terganggu oleh kebisingan terus-menerus, yang menghasilkan hormon yang menurunkan kadar testosteron.

Testosteron yang rendah dapat mengurangi jumlah sperma dan menghambat mobilitas sperma, dua faktor kunci dalam kesuburan pria.

Klik halaman berikutnya untuk tahu penjelasan lebih lanjut mengenai hubungan antara polusi suara dengan kesuburan pria.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 ciri sperma sehat.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGURANGI RISIKO INFERTILITAS AKIBAT SUARA BISING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!