sign up SIGN UP search

kehamilan

Tips Aman Berendam Air Hangat Saat Hamil ala Jennifer Bachdim, Perhatikan Suhunya

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 10:10 WIB
Ilustrasi ibu hamil berendam air panas caption

Jennifer Bachdim terlihat sangat menikmati kehamilan keempatnya. Beberapa waktu lalu, istri pesepakbola Irfan Bachdim ini terlihat menikmati me time dengan berendam air hangat agar relaks.

Melalui akun instagram pribadinya, Jennifer Bachdi terlihat bersantai dengan baby bum yang semakin membesar. Berendam di air panas dengan taburan bunga mawar dilakukannya pada Senin pagi lalu, Bunda.

“We did it it’s Monday evening, we all deserve a hot tub with roses. Tag someone who needs some me-time.” tulis Jennifer dikutip dalam akun instagram @jenniferbachdim. Namun, apakah aman mandi air panas saat hamil?


Amankah Mandi Air Panas Saat Hamil?

Bunda sedang hamil tapi ingin mandi air panas? Mandi air panas bukanlah masalah bagi ibu hamil asalkan airnya tidak terlalu panas, yang artinya tidak lebih dari 100 derajat Fahrenheit. Hindari berendam dalam air yang cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh lebih tinggi dari 102,2 derajat Fahrenheit (39 derajat Celcius).

"Secara umum, tetap harus hati-hati. Berada di bak mandi air panas atau mandi selama lebih dari 10 menit dapat meningkatkan suhu tubuh Anda lebih tinggi dari 101 derajat Fahrenheit," kata Anar Yukhayev, MD, Obgyn di Long Island Jewish Medical Center, Katz Women's Hospital.

Bahaya suhu tubuh tinggi saat hamil

Memang tidak ada cukup bukti tentang hal itu, tapi berdasarkan literatur yang diterbitkan, tampaknya menaikkan suhu tubuh yang lebih tinggi dari 101-102,2 F dapat menyebabkan peningkatan risiko cacat lahir dan keguguran. Duh, jangan sampai hal ini terjadi ya, Bunda.

Sebab suhu tinggi terutama pada saat awal kehamilan memiliki risiko cacat tabung saraf, Bunda. Itu sebabnya mengapa sauna, mandi uap, dan bak mandi air panas tidak dianjurkan selama kehamilan.

Tips aman berendam air panas yang aman untuk bumil

Melansir laman Parents, pada tahun 2018, British Journal of Sports Medicine menerbitkan sebuah penelitian bahwa orang hamil dapat dengan aman berolahraga di luar ruangan dengan suhu 77 derajat Fahrenheit. Mereka juga dapat menikmati mandi air panas dengan suhu 104 derajat Fahrenheit, atau sauna dengan suhu 158 derajat Fahrenheit hingga 20 menit tanpa khawatir.

Sebelum mandi dengan air panas, uji suhu air dengan lengan atau pergelangan tangan sebelum masuk atau berendam di dalamnya. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan thermometer mandi untuk menentukan suhu air.

Beberapa wanita hamil ada yang khawatir, berendam mungkin bisa membuat airnya masuk ke dalam rahim dan membahayakan bayi yang sedang berkembang,

Mengenai hal ini, Bunda tidak perlu cemas karena bayi terlindungi di dalam rahim yang terbungkus dalam air ketuban dan leher rahim. Situasi baru menjadi berbahaya jika air ketuban ibu pecah.

Bahkan bath tub bisa digunakan dalam proses melahirkan untuk membantu meringankan nyeri persalinan lho. Melansir laman Babycenter, mandi merupakan cara yang baik untuk menenangkan otot yang sakit dan mengurangi stress selama kehamilan.

Bunda harus menjaga suhu agar tetap hangat, tidak panas. Berhati-hatilah saat hendak masuk dan keluar dari baik mandi agar tidak kehilangan keseimbangan karena itu sangat berbahaya bagi wanita hamil.

Klik halaman berikutnya untuk tahu apakah aman mandi air panas saat hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara mengejan yang benar agar persalinan lebih mudah dan lancar seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KEMUNGKINAN RISIKO PADA SETIAP TAHAP KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!