sign up SIGN UP search


kehamilan

15 Cara Ayah Lakukan Bonding dengan Janin Sejak di Kandungan

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 07:00 WIB
Side view of a future mom and dad holding hands with their heads together. Beautiful beaming couple looking and gazing at the pregnant woman's belly caption
Jakarta -

Kehadiran Si Kecil tentu akan mengubah kehidupan Bunda dan Ayah. Sejak di kandungan, Si Kecil sudah memiliki hubungan yang kuat dengan Bunda. Namun, bagaimana dengan Ayah?

Mengutip laman What to expect, suara yang paling jelas didengar oleh Si Kecil dalam kandungan adalah suara Bunda. Ketika Bunda berbicara, suara Bunda bergema di tulang dan seluruh tubuh. Ini yang memperjelas suara Bunda untuk didengar Si Kecil dalam kandungan.

Detak jantung Si Kecil juga meningkat setiap kali mendengar suara Bunda, lho. Janin dalam kandungan juga menjadi lebih awas ketika Bunda berbicara. Melakukan beberapa kebiasaan seperti membaca dengan lantang, mengobrol, dan bernyanyi dapat membuat Si Kecil mengenali suara Bunda.


Cara Ayah lakukan bonding dengan janin 

Ayah juga bisa bonding dengan Si Kecil sejak dalam kandungan. Si Kecil belajar untuk mengenali suara siapa saja yang ia kenali dan sering didengar. Bagaimana cara Ayah bonding dengan Si Kecil sejak di kandungan? Berikut Bubun berikan tipsnya dirangkum dari laman First Cry Parenting.

1. Berbicara

Cara paling mudah Ayah bonding dengan Si Kecil dalam kandungan adalah berbicara. Janin mulai bisa mendengar suara di usia kehamilan 18 minggu. Pada usia ini, struktur telinga janin sudah cukup aktif untuk mulai mendengar suara-suara di sekitarnya. Pada usia kehamilan 27 hingga 30 minggu, Si Kecil sudah bisa merespon suara Bunda dan Ayah.

2. Mengelus perut Bunda

Bayangkan Ayah sedang mengelus Si Kecil ketika mengelus perut Bunda. Gestur ini dapat menenangkan Si Kecil dan dapat menciptakan hubungan antara Ayah dan Si Kecil.

3. Bernyanyi untuk Si Kecil

Musik dapat menciptakan perbedaan yang besar saat sedang bonding dengan Si Kecil dalam kandungan. Musik yang Ayah putarkan akan memberikan efek menenangkan bagi Si Kecil. Pastikan musik yang Ayah pilih adalah musik beralunan lembut, ya.

4. Membagikan energi positif

Si Kecil dalam kandungan lebih aktif saat malam hari atau saat Bunda sedang beristirahat. Nah, waktu-waktu ini dapat Ayah gunakan untuk bonding dengan berbagi energi positif. Misalnya dengan mengelus perut Bunda sambil bercerita atau berdoa.

5. Mengajak Bunda latihan pernapasan

Ayah bisa mengajak Bunda untuk Yoga atau latihan pernapasan biasa saat sedang hamil. Asupan oksigen yang banyak dapat membuat Si Kecil lebih aktif dan memberikan respon seperti bergerak dan menendang.

Yuk, kita lanjutkan ke halaman berikutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips sukses promil, ketahui usia pas Ayah miliki anak.

[Gambas:Video Haibunda]



AYAH BISA BANTU MEMIJAT BUNDA DAN MEMILIH NAMA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!