sign up SIGN UP search

kehamilan

Bila Operasi Caesar Gagal, Ketahui Penyebab dan Risikonya pada Ibu dan Bayi

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 17 Nov 2022 14:45 WIB
CARA MENGATASINYA
Ilustrasi melahirkan caesar Cara Mengatasi Kegagalan Operasi Caesar/Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

Cara mengatasi kegagalan operasi caesar

Debra Rose Wilson adalah seorang profesor, peneliti, dan praktisi kesehatan holistik mengatakan sebagian besar komplikasi serius yang terkait dengan persalinan caesar bukan karena operasi itu sendiri.

"Sebaliknya, komplikasi datang dari penyebab persalinan caesar," kata Wilson dikutip dari Healthline.

Misalnya, seorang wanita yang plasentanya terlepas terlalu dini (solusio plasenta) mungkin memerlukan kelahiran caesar darurat, yang dapat menyebabkan kehilangan darah yang signifikan. Dalam kasus ini, masalah muncul terutama dari solusio plasenta - bukan operasi yang sebenarnya.


Dalam situasi lain, komplikasi mungkin timbul dari anestesi umum. Komplikasi anestesi umum jauh lebih besar daripada yang terlihat dengan anestesi spinal atau epidural.

Bagaimana dengan kematian usai operasi caesar? Wilson bilang, meskipun sangat jarang, beberapa wanita meninggal karena komplikasi persalinan caesar. Kematian hampir selalu disebabkan oleh satu atau lebih komplikasi, seperti infeksi yang tidak terkontrol, pembekuan darah di paru-paru, atau kehilangan darah yang terlalu banyak.

"Meskipun banyak komplikasi di atas juga dapat terjadi setelah persalinan pervaginam, angka kematian ibu setelah persalinan caesar adalah tiga hingga empat kali lebih tinggi," ujarnya.

Meskipun perbedaan ini tampak sangat besar, kematian ibu setelah persalinan caesar masih sangat jarang.

Dari kematian terkait kehamilan, hingga 55 persen disebabkan oleh masalah yang dijelaskan di atas. Sisanya disebabkan masalah lain, seperti gangguan jantung atau tekanan darah tinggi.

Untuk itu, jika Bunda akan melakukan operasi caesar yang direncanakan, dokter mungkin menyarankan untuk berbicara dengan ahli anestesi jika ada kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko komplikasi anestesi.

Dokter mungkin juga merekomendasikan tes darah tertentu sebelum operasi caesar. Tes ini memberikan informasi tentang golongan darah dan tingkat komponen utama sel darah merah (hemoglobin). Hasil tes dapat membantu jika Bunda memerlukan transfusi darah selama operasi caesar.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!