sign up SIGN UP search


kehamilan

Berapa Lama Biasanya Operasi Caesar Berlangsung? Bunda Perlu Tahu

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 20:15 WIB
Surgeons performing C-Section in operating room. caption
Jakarta -

Berapa lama biasanya operasi caesar berlangsung dan bagaimana untuk pemulihan lukanya? Apa pun jenis kelahiran yang Bunda harapkan, kemungkinan operasi caesar bisa saja terjadi. Bunda juga perlu mempersiapkan dan mencari tahu tentang operasi caesar.

Dokter terkadang sudah menjadwalkan operasi caesar sebelumnya karena alasan berbagai komplikasi kehamilan, seperti presentasi bokong atau tekanan darah tinggi ibu. Namun, ada juga operasi caesar darurat yang tidak terjadwal sebelum persalinan dimulai. Biasanya ini terjadi untuk menyelamatkan ibu hamil (bumil) dan bayinya.

Berapa lama operasi caesar?

Bunda yang sedang menanti kelahiran pertama dengan operasi caesar mungkin dibayang-bayangi pertanyaan tersebut. Operasi caesar biasanya dilakukan sekitar 40-50 menit, Bunda.


Yang jelas operasi caesar merupakan operasi besar yang juga berisiko, jadi biasanya hanya dilakukan jika itu pilihan yang paling aman untuk bumil dan bayinya.

Operasi caesar sering diperlukan jika bayi dalam kesulitan, persalinan tidak berjalan normal, atau dokter mendeteksi masalah plasenta (seperti plasenta previa).

Menurut Michele Hakakha, M.D., dokter kandungan dan ginekolog bersertifikat di Los Angeles, operasi caesar terjadwal biasanya dipesan satu minggu sebelum tanggal jatuh tempo. "Ini dilakukan untuk mencegah seorang wanita melahirkan sebelum operasi caesar," katanya dikutip dari Parents.

Prosedur operasi caesar

Sebagian besar operasi caesar dilakukan dengan anestesi spinal atau epidural. Dokter anastesi akan memberikan suntikan di punggung. Bumil akan tetap terbangun alias sadar, hanya bagian bawah tubuh yakni dari tulang rusuk ke bawah jadi mati rasa sehingga Bunda tidak akan merasakan apa pun.

Saat proses persalinan caesar, Bunda hanya dapat merasakan tubuh bergerak-gerak. Apalagi ada tirai kain di bagian tengah tubuh yang menghalangi Bunda dapat melihat prosesnya, namun masih dapat mendengar apa yang terjadi di balik tirai.

Dalam laman NHS dijelaskan, dokter akan membuat sayatan sepanjang 10-20 cm yang di perut bagian bawah dan rahim. Ini agar bayi dapat dikeluarkan.  

Kebanyakan dokter membuat sayatan horizontal melalui perut dan rahim, meskipun ada juga yang membuat sayatan vertikal. Namun sudah sangat jarang terjadi.

Saat proses itu, Bunda mungkin merasakan tarikan dan dorongan yang tidak menyakitkan selama prosedur. Ini berarti bayi sedang dipindahkan ke posisinya.  Bagian ini tidak jauh berbeda dengan persalinan pervaginam, setidaknya bagi dokter. 

"Saya harus meletakkan tangan saya di bawah kepala bayi untuk membentuk buaian sehingga saya dapat menarik kepalanya keluar," jelas Amy Moore, M.D., seorang OB-GYN di New York City.

Pada operasi caesar ini tentu bumil tidak bisa mengejan, jadi dokter perlu mendorong bagian atas rahim dan mengangkat kepala keluar dari panggul, dann membuat bahu serta tubuhnya mengikuti. Dokter juga akan memotong tali pusar dan mengeluarkan plasenta.

Jika bayi lahir dengan sehat, Bunda dapat melihat bayi segera setelah dilahirkan. Namun, jika lahir melalui operasi caesar darurat karena gawat janin dapat dibawa langsung ke dokter anak untuk resusitasi.

Jadi berapa lama operasi caesar berlangsung? Sejak sayatan dibuat, bayi dapat dilahirkan dalam waktu dua menit atau selama setengah jam, tergantung keadaan. Namun umumnya seluruh operasi biasanya memakan waktu sekitar 40 sampai 50 menit. Bunda biasanya dapat melihat bayi sebelum dibawa ke ruang perawatan.

Proses pemulihan luka operasi caesar seperti apa? Simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kondisi yang timbul setelah operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



PEMULIHAN LUKA OPERASI CAESAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!