sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan Risiko Tinggi, Cegah dengan 8 Cara Ini yuk Bun

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 19:35 WIB
Do not worry. Male physician examining pulse of an expectant mother during an appointment at clinic. caption
Jakarta -

Tidak semua kehamilan berjalan mulus. Ibu hamil dapat mengalami apa yang disebut kehamilan berisiko tinggi. Apa saja sebabnya dan bagaimana mencegahnya?

Kehamilan dianggap berisiko tinggi apabila ada komplikasi yang dapat memengaruhi ibu, bayi, atau keduanya.  Ada beberapa faktor risiko kehamilan berisiko tinggi.

Pada laman Mayoclinic dituliskan bahwa terkadang kehamilan berisiko tinggi ini akibat dari kondisi medis yang sudah ada sebelum kehamilan. Namun, pada kasus lain bisa juga karena kondisi medis yang berkembang selama kehamilan.


Kehamilan resiko tinggi

Beberapa faktor risiko ini mungkin berkontribusi pada kehamilan berisiko tinggi, antara lain:

1. Usia Bunda 

Risiko kehamilan lebih tinggi untuk Bunda yang berusia di bawah 17 tahun atau di atas 35 tahun. Pada usia ini bumil berisiko mengalami komplikasi yang lebih besar ketimbang yang berusia antara akhir remaja dan awal 30-an. Risiko keguguran dan cacat genetik juga semakin meningkat setelah usia 40 tahun.

2. Kondisi medis sebelum kehamilan

Kondisi ini dapat menimbulkan risiko bagi ibu atau bayi, antara lain:

  • Tekanan darah
  • Masalah paru-paru, ginjal, atau jantung
  • Diabetes
  • Depresi
  • Kegemukan
  • Penyakit autoimun
  • Penyakit menular seksual (PMS)
  • Infeksi jangka panjang (kronis) seperti human immunodeficiency virus (HIV)

"Riwayat keguguran, masalah pada kehamilan sebelumnya, dan riwayat keluarga dengan kelainan genetik juga merupakan faktor risiko kehamilan risiko tinggi," kata Traci C. Johnson (Coleman), seorang dokter kandungan-ginekolog.

Johnson mengimbau pada bumil yang memiliki kondisi medis,  penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan hamil.

3. Kondisi medis yang terjadi selama kehamilan

Apabila bumil sehat saat hamil, ada kemungkinan berkembangnya atau didiagnosis dengan masalah selama kehamilan yang dapat memengaruhi bumil dan bayi. Tiga dari masalah terkait kehamilan yang lebih umum adalah:

  1. Preeklamsia


    Sindrom yang mencakup tekanan darah tinggi, kadar protein tinggi dalam urine, dan pembengkakan. Kondisi ini dapat berbahaya atau bahkan fatal bagi ibu atau bayi jika tidak diobati. Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan preeklamsia.  Namun, bumil memiliki peluang lebih tinggi jika usianya lebih tua, kelebihan berat badan, atau bertekanan darah tinggi atau diabetes sebelum hamil. Hamil kembar atau lebih dari satu bayi juga meningkatkan risiko.

  2. Diabetes gestasional

    Jenis diabetes yang berkembang selama kehamilan. Wanita dengan diabetes gestasional mungkin memiliki kehamilan dan bayi yang sehat jika mengikuti rencana perawatan dari penyedia layanan kesehatan. Biasanya, diabetes sembuh setelah melahirkan. Namun, wanita dengan diabetes gestasional berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. 

    Bumil mungkin memerlukan operasi caesar ketimbang kelahiran normal untuk mencegah cedera pada bayi. Risiko diabetes gestasional meningkat jika bumil berusia di atas 25 tahun, hamil kembar, kelebihan berat badan, atau pernah menderita diabetes gestasional atau bayi yang sangat besar di masa lalu, atau jika seseorang dalam keluarga menderita diabetes.

  3. Depresi

    Sekitar 14 - 23 persen wanita mengalami depresi selama kehamilan. Kemungkinan lebih tinggi jika sebelumnya pernah mengalami depresi. Kehamilan terkait dengan depresi kemungkinan karena perubahan hormonal, kelelahan, stres di rumah, dan kurangnya dukungan.

    Pada gilirannya, depresi dapat dikaitkan dengan masalah selama kehamilan dan persalinan, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur. Setelah lahir, depresi dapat mempersulit Bunda untuk merawat diri sendiri dan bayi. 

Untuk mengetahui cara pencegahan dari kehamilan berisiko tinggi, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 makanan enak yang bisa sebabkan keguguran.

[Gambas:Video Haibunda]



PENCEGAHAN KEHAMILAN BERISIKO TINGGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!