sign up SIGN UP search

kehamilan

6 Gejala Kram Perut yang Perlu Diwaspadai saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Keguguran Bun

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 07:00 WIB
Kram perut awal kehamilan 6 Gejala Kram Perut yang Perlu Diwaspadai saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Keguguran Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Di awal masa kehamilan, dimulailah beragam perubahan pada tubuh Bunda sebagai persiapan menopang tumbuh kembang janin di dalam rahim. Untuk itu, tak mengherankan bila trimester awal merupakan masa yang cukup bikin waswas ya.

Salah satu perubahan tubuh saat awal hamil adalah munculnya perut kram. Perut kram pada awal kehamilan terasa sangat menakutkan. Ibu hamil (bumil) mungkin saja khawatir jika kehamilannya akan berakhir. Seperti apa sih gejala perut kram itu, apa itu normal?

Perut kram terkadang dapat menunjukkan ada masalah, namun jika bumil mengalami kram ringan di awal kehamilan itu normal kok dan bukan tanda keguguran. 


Holly Puritz, M.D., direktur medis untuk Sentara Leigh Hospital Group for Women di Norfolk, Virginia, mengatakan perut kram sebenarnya merupakan gejala umum di semua trimester. Bumil biasanya akan mengalami kram ringan selama 16 minggu pertama.

Bumil yang mengalami perut kram ringan tidak akan berbahaya. Itu karena merupakan respons rahim terhadap apa pun yang terjadi padanya.

Penyebab kram perut saat kehamilan

"Rahim adalah otot, dan satu-satunya otot yang tahu bagaimana berkontraksi, dan kontraksi terasa seperti kram," jelas Puritz, seperti dilansir Parents.

Puritz bilang, setiap kali rahim dirangsang entah karena kandung kemih yang penuh melakukan olahraga berat, respons alaminya dengan berkontraksi. Karena itu bumil harus tahu kapan kram dianggap normal dan kapan mengkhawatirkan.

Mirip kram menstruasi

Anna Targonskaya, MD, seorang dokter Kandungan-Ginekologi mengatakan kram yang normal pada awal kehamilan rasanya sangat mirip dengan kram menstruasi. "Rasa sakit biasanya terletak di perut bagian bawah dan berlangsung selama beberapa menit," katanya dilansir Flo Health.

Selain mengalami kram, lanjut Targonskaya, bumil di awal kehamilan mungkin juga mengalami pendarahan ringan saat embrio ditanamkan ke dinding rahim. Proses inilah yang terkadang dapat menyebabkan kram implantasi dan pendarahan. 

"Saat kehamilan berlanjut, Anda mungkin juga merasa kram saat rahim Anda berubah dan meregang untuk mengakomodasi bayi," ujar Targonskaya.

Kram perut di tiap semester

Perut kram ini dapat terjadi selama kehamilan, sejak dari trimester pertama hingga ketiga. Berikut ini beberapa hal yang perlu bumil ketahui jika mengalami perut kram.

1. Kram perut pada trimester 1

Rachel Gurevich, penasihat kesuburan, penulis, dan penerima The Hope Award for Achievement, dari Resolve: The National Infertility Association menjelaskan bahwa selama trimester pertama, tubuh bumil sedang mempersiapkan janin yang sedang tumbuh.

Bumil tak perlu mengkhawatirkan kram pada trimester ini selama rasa sakitnya tidak intens, kronis, atau terjadi bersamaan dengan gejala lain yang lebih mengkhawatirkan, seperti pendarahan vagina.

Ketika kehamilan semakin besar, rahim bumil akan terus tumbuh dan berkembang. Saat itu juga bumil mungkin merasakan kram ringan hingga sedang di perut bagian bawah atau punggung bawah.

"Ini mungkin terasa seperti tekanan, peregangan, atau tarikan. Bahkan mungkin mirip dengan kram menstruasi khas Anda. Ini juga normal," ujar Gurevich.

Bumil akan terus mengalami kram sesekali pada dua trimester pertama. Setiap kali berkontraksi yang disebabkan kandung kemih penuh, sembelit, atau kembung.

"Orang hamil juga lebih rentan terhadap infeksi jamur dan infeksi saluran kemih, yang keduanya dapat menyebabkan kram ringan. Dokter Anda akan ingin mengobati ini sesegera mungkin untuk memastikan kehamilan Anda sehat," jelasnya dilansir Very Well Family.

2. Kram perut pada trimester 2

Pada trimester kedua, bumil seharusnya jarang mengalami kram perut. Namun, pada saat ini otot yang menopang rahim akan mulai meregang. Sehingga normal jika bumil merasakan nyeri tajam atau nyeri tumpul di perut bagian bawah

Bagaimana jika kram terjadi pada trimester ketiga? Simak penjelasannya di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 penyebab sakit perut bagian bawah.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUT KRAM DI TRIMESTER KETIGA, TANDA PERSALINAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!