sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengubah Posisi Janin dalam Kandungan, Bisakah dengan Bantuan Dukun Pijat?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 24 Nov 2022 09:15 WIB
Ilustrasi Kehamilan Mengubah Posisi Janin dalam Kandungan, Bisakah dengan Bantuan Dukun Pijat?/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Praktik dukun bayi atau peraji masih ditemukan di Indonesia. Dukun bayi disebut bisa membantu persalinan hingga mengubah posisi janin yang sungsang dalam kandungan, Bunda.

Menurut Dr. H. Muzakkir, M.Kes., dalam buku Dukun dan Bidan Dalam Perspektif Sosiologi, dukun bayi adalah profesi yang dalam aktvitasnya, menolong proses persalinan seseorang, merawat bayi dari memandikan, menggendong, belajar berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Dukun bayi juga sering melakukan pemeriksaan kehamilan. Mereka menggunakan indra peraba (palpasi) untuk memeriksa ibu hamil atau bumil.


"Dukun bayi biasanya juga selain dilengkapi keahlian atau skill, juga dibantu dengan berbagai mantra khusus yang dipelajarinya dari pendahulu mereka. Proses pendampingan dapat berjalan sampai bayi berusia 2 tahunan," tulis Muzakkir.

Dalam pekerjaannya, dukun bayi bahkan juga disebut bisa mengubah posisi janin agar dapat dilahirkan normal. Caranya dengan melakukan pemutaran perut (diurut-urut), disertai doa ketika usia kandungan empat bulan.

"Ketika usia kandungan empat bulan, dukun melakukan upacara tasyakuran karena katanya janin mulai memiliki roh. Pada usia kandungan tujuh bulan, dukun melakukan upacara tingkeban. Katanya, janin mulai bergerak meninggalkan alam rahim menuju alam dunia, melalui kelahiran," ujar Muzakkir.

Baca Juga : Bayi Sungsang

Lalu bisakah posisi bayi berubah dengan bantuan pijat di dukun bayi?

Dalam medis, teknik mengubah posisi janin dalam kandungan dengan tangan dokter disebut juga External Cephalic Version (ECV). Menurut American Family Physician (AFP) dan dikutip dari Web MD, ECV merupakan prosedur memutar janin secara eksternal dari posisi sungsang ke posisi vertex atau kepala janin di jalan lahir.

Teknik ECV hanya boleh dilakukan oleh dokter kandungan yang berpengalaman. Sebelum melakukan ini, dokter juga harus memantau detak jantung janin dan melakukan pemeriksaan USG.

Secara umum, teknik mengubah posisi bayi memang bisa dilakukan dari luar kandungan. Tapi, hanya boleh dilakukan profesional medis ya, Bunda.

Selama hamil, memijat daerah perut juga tidak boleh dilakukan. Sebab, hal tersebut justru bisa menimbulkan komplikasi serius pada janin.

Simak dampak melakukan pemijatan di daerah perut, terutama bila dilakukan oleh orang selain dokter.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga penyebab janin lebih aktif di sebelah kiri perut, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BAHAYA PRAKTIK MEMIJAT UNTUK UBAT POSISI JANIN DI DUKUN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!