sign up SIGN UP search

kehamilan

Cara Membedakan Perut Ibu Hamil Vs Perut Buncit karena Lemak

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 28 Nov 2022 21:46 WIB
Perut Ramping dan BB Turun dengan Diet yang Gampang Dicontek caption
Jakarta -

Salah satu ciri yang terlihat bila seorang wanita hamil biasanya dengan melihat bentuk perutnya. Namun, tak semua perut buncit itu hamil, mungkin juga karena lemak yang berlebih.

Terlebih saat menjalani program hamil, Bunda pasti kerap menantikan berbagai tanda hamil termasuk perut yang membesar. Tapi, beda enggak perut buncit dengan perut hamil? Bunda mungkin suka bertanya-tanya, ini perut membuncit karena hamil atau lemak. Untuk mengetahuinya, yuk kenali perbedaannya.

Ciri ibu hamil dari bentuk perut

Mengetahui sedang hamil tentu menjadi suatu kebahagiaan untuk pasangan suami istri. Tapi, perut yang semakin membesar ini normal apa tidak. Apakah terlalu besar atau terlalu kecil untuk usia minggunya?


Brian Levine, MD, MS, FACOG, dokter spesial kebidanan-ginekologi bersertifikat, serta endokrinologi reproduksi dan infertilitas (REI), menjelaskan apabila ibu hamil (bumil) resah dengan ukuran atau bentuk perutnya, ternyata bumil nggak sendirian. Ketahuilah bahwa setiap wanita itu berbeda dan seperti apa pun bentuk atau ukuran perut hamilnya kemungkinan itu sehat-sehat saja. 

Levine membagi beberapa bentuk perut bumil, dari kecil hingga besar.

1. Perut hamil kecil

Menurut Levine, bumil ini makannya sudah bagus, olahraga, dan rutin memeriksakan kehamilannya. Tapi, orang lain masih saja mengatakan perutnya terlihat kecil untuk seusia kehamilannya. Atau malah bertanya bumilnya makannya cukup atau tidak.

"Seperti bayi, perut hamil juga memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Dokter atau bidan Anda memantau ukuran anak Anda sehubungan dengan tanggal kelahiran Anda dan ukuran perut hamil Anda dengan pemeriksaan rutin, termasuk mengukur perut Anda pada setiap kunjungan setelah mencapai usia 15 minggu hingga 20 minggu," ujarnya dikutip dari VerywellFamily.

Pengukuran tersebut dapat memberitahu pertumbuhan perut. Normalnya, tingkat pertumbuhan perut itu sekitar 1 sentimeter per minggu. Jika otot perut bumil benar-benar kuat dan kencang, otot tersebut dapat mencegah rahim tumbuh besar. 

"Benjolan wanita yang tinggi cenderung terlihat lebih kecil daripada wanita pendek yang ukuran perutnya sama persis," ujar Levine.

Satu-satunya masalah potensial yang terkait dengan bentuk perut yang mungil adalah kondisi yang disebut oligohidramnion, yakni cairan ketuban terlalu sedikit.

2. Perut hamil besar

Perut terlihat besar bisa karena posisi bayi di dalam rahim. Perut hamil bisa terlihat besar pada wanita mungil. Levine bilang, apabila ini bukan kehamilan pertama, ukuran perut jauh lebih besar dibanding awal. Ini karena setelah kehamilan pertama otot menjadi regang dan lebih mudah menyerah pada tekanan rahim yang membesar.

"Dalam kasus yang jarang terjadi, perut besar disebabkan oleh kelebihan cairan ketuban (polihidramnion), suatu kondisi yang akan diketahui dalam pemeriksaan," katanya.

Ketahui bentuk perut ibu hamil lainnya dengan klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab perut keras dan kencang saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



BEDA PERUT HAMIL VS BUNCIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!