sign up SIGN UP search

kehamilan

9 Contoh Sakit Perut Tanda Hamil, Mulai Kembung hingga Sembelit

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 21:05 WIB
Ilustrasi Sakit Perut 9 Contoh Sakit Perut Tanda Hamil, Mulai Kembung hingga Sembelit/Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong
Jakarta -

Bunda, memang diakui akan ada banyak ketidaknyamanan yang dirasakan tubuh kita selama menjalani kehamilan, terutama pada area perut. Banyak Bunda hamil mengeluhkan gejala yang timbul seputar area perut seperti mual, mulas, kembung, hingga sembelit. 

Meski begitu, mengutip dari Babycenter, sakit pada perut selama kehamilan merupakan hal yang wajar, Bunda. "Gejala kehamilan berbeda untuk setiap wanita, dan bahkan bisa berbeda dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Gejala juga bisa muncul pada waktu yang berbeda. Namun yang paling kentara, tentu saja perubahan pada perut dan ketidaknyamanan yang menyertainya,” ucap Obgyn Layan Alrahmani

Lantas apa saja ya contoh sakit perut sebagai tanda hamil ini? Simak terus yuk, Bunda. 


9 Contoh sakit perut tanda hamil

Mengutip Americanpregnancy, sakit perut tanda hamil bisa dalam bentuk sebagai berikut:

1. Kembung

Tubuh Bunda mengalami banyak perubahan hormonal selama masa kehamilan. Sehingga salah satu dampaknya adalah dapat memproduksi gas berlebih. Gas yang menumpuk di dalam perut ini mengakibatkan kembung, Bunda. 

Nyeri akibat penumpukan gas ini dapat memicu ketidaknyamanan ringan hingga nyeri hebat di seluruh perut, punggung dan dada. Terdapat pula yang merasakan kembung dan kram perut atau usus. 

2. Mulas

Mengutip dari American Pregnancy Association, kondisi ini menjadi tanda bahwa tubuh sedang beradaptasi dengan perkembangan janin di dalam rahim, Bunda. Sehingga bisa menimbulkan sensasi rasa mulas hingga diare pada Bunda hamil. 

3. Nyeri

Pembesaran rahim karena terisi janin dapat menyebabkan tekanan pada otot, sendi dan pembuluh darah di sekitar rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri pada Bunda ya. Namun jangan khawatir, jika tidak disertai gejala lain, kondisi ini pun termasuk normal, Bunda. 

4. Kram

Perut kram saat hamil muda merupakan salah satu keluhan yang dialami oleh banyak Bunda hamil ya. Terutama pada trimester awal. Kondisi ini merupakan hal normal lantaran adanya perubahan hormon saat kehamilan maupun bayi yang sedang tumbuh dan menekan perut.

Melansir dari detikcom, Bunda tidak perlu khawatir jika kram perut yang dirasakan tergolong ringan, seperti celekit-celekit atau nyeri haid ringan. Kondisi ini nantinya akan hilang sendirinya dengan cara beristirahat yang cukup.

5. Mual

Mual dan muntah menjadi gejala kehamilan yang dianggap paling umum, Bunda. mual ini tentu saja masih dipicu oleh perubahan hormonal pada Bunda hamil. Dalam istilah lain, gejala ini disebut morning sickness ya, Bunda. 

Penyebab kondisi ini adalah peningkatan hormon beta HCG pada Bunda hamil ya. Meski mungkin merepotkan, karena mual biasanya disertai muntah. Namun gejala ini dinyatakan sehat, sebab justru mengindikasikan adanya plasenta yang tumbuh dengan baik dan normal pada rahim Bunda.

6. Maag

Hormon progesteron bertugas untuk membangun lapisan dinding rahim, Bunda. Efeknya terjadi mual muntah pada Bunda hamil. Selain itu, dampak lain bisa menyebabkan kadar asam pada lambung melonjak, yang berpotensi memicu penyakit maag pada Bunda hamil. 

Asian woman having pain on her stomachache or Pelvic pain. housewife hands squeezing on the stomach while sitting on a sofa in the living room at home as suffering from menstruation cramp.9 Contoh Sakit Perut Tanda Hamil, Mulai Kembung hingga Sembelit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ATHVisions

7. Linu pada panggul yang menjalar ke perut

Perubahan ukuran rahim dan peregangan ligamen tempat menggantungnya rahim dapat menyebabkan Bunda mengalami linu pada panggul yang bisa menjalar hingga perut, Bunda. 

Kondisi ini dikatakan masih cukup wajar meskipun pada tingkat yang serius, dapat mengindikasikan kehamilan yang membahayakan. Untuk itu, lebih aman agar Bunda selalu konsultasi pada tenaga medis yang lebih mengetahui riwayat kesehatan Bunda ya. 

8. Rasa gatal pada bagian perut

Perubahan ukuran perut Bunda saat hamil dapat menyebabkan gatal pada area perut ya. Umumnya gatal pada perut terjadi saat ukurannya semakin membesar sehingga meregang. Pada saat inilah kelembapan pada kulit semakin berkurang dan menjadikan area perut semakin kering. Sehingga muncul rasa gatal.

9. Sembelit

Peningkatan hormon progesteron saat hamil juga berpengaruh pada proses pencernaan, Bunda. Akibatnya otot-otot usus jadi mengendur.

Karena otot-otot usus jadi mengendur, tubuh akan lebih lama dan lambat dalam mencerna makanan. Sebagai dampaknya, Bunda hamil menjadi sembelit alias susah BAB. 

Pencernaan yang lebih lambat juga akan menyebabkan timbunan udara dalam saluran pencernaan alias perut kembung. Kondisi ini juga akan memberikan efek yang serupa.

Itulah dia Bunda, contoh sakit perut tanda hamil. Semoga informasinya membantu ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab sakit di bawah perut di atas kemaluan.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!