sign up SIGN UP search

kehamilan

Bunda Ingin Diet Pasca Melahirkan? Ketahui Waktu dan Jenis Olahraga yang Tepat

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 05 Feb 2023 15:15 WIB
TIPS TURUNKAN BERAT BADAN & PENYEBAB GAGAL
Ilustrasi skin to skin ibu dan bayi caption

Ingat penurunan berat badan idealnya lambat dan bertahap, Bunda. Beberapa tips ini dapat Bunda terapkan jika ingin berat badan turun.

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Apabila Bunda tidak suka makan buah dan sayuran, dapat menjadikan smoothie buah atau sayuran. 

Atau buatlah saus yang dibuat dari sayuran yang dihaluskan dan tuangkan di atas ikan atau ayam. Bunda juga dapat menambahkan wortel parut ke sandwich. Atau coba sayuran panggang atau sup sayuran murni. 


2. Carilah makanan yang tinggi serat

Studi menunjukkan bahwa makan makanan tinggi serat dapat membantu tetap kenyang di antara waktu makan dan mendorong penurunan berat badan. Selain itu juga dapat membantu mengatasi sembelit pasca persalinan. Cobalah untuk memasukkan makanan kaya serat, seperti apel, kacang-kacangan, lentil, atau biji-bijian, ke dalam makanan.

3. Pilih lemak yang tepat

Lemak memiliki kalori dua kali lebih banyak daripada karbohidrat atau protein, dan itu tidak selalu buruk. Mengonsumsi lemak yang tepat dapat membantu merasa kenyang dan menyeimbangkan diet.

Lemak tak jenuh yang sehat – seperti alpukat, zaitun, salmon, serta kacang-kacangan dan biji-bijian – merupakan tambahan waktu makan atau kudapan yang baik dan dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Hindari lemak yang tidak perlu yang terdapat pada gorengan dan minuman manis, seperti soda atau minuman kopi berkalori tinggi.

4. Tambahkan sumber protein ke setiap makanan

Mengkonsumsi sumber protein tanpa lemak – seperti telur, kacang-kacangan dan lentil, serta potongan ayam atau tahu tanpa lemak – dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

5. Tetap terhidrasi

Air minum menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk melumasi persendian sehingga Bunda dapat bergerak lebih mudah dan membantu tetap kenyang, sehingga kalori yang dikonsumsi lebih sedikit.

Jumlah air yang Bunda butuhkan bergantung pada beberapa faktor, seperti usia, ukuran, dan tempat tinggal Anda, tetapi sebaiknya minumlah setidaknya 11 gelas air sehari.

Selain itu, bunda juga bisa mempertimbangkan untuk mengenakan korset pasca melahirkan yang memang dirancang untuk membantu untuk mengembalikan tubuh ideal. Bunda mau beli produk ini? Langsung aja yuk, Bun klik di sini.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!