kehamilan

Perubahan yang Paling Menyenangkan Saat Hamil

Nurvita Indarini 12 Agu 2017
Ilustrasi perubahan menyenangkan saat hamil (Foto: Ari Saputra/detikcom) Ilustrasi perubahan menyenangkan saat hamil (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pernah nggak sih Bun kangen masa-masa hamil? Kira-kira apa nih yang paling bikin kangen saat hamil?

Setiap kehamilan menyimpan cerita tersendiri. Bahkan kadang pengalaman hamil membekas benar di ingatan kita sehingga jadi pengalaman indah tak terlupakan.

HaiBunda pun ngobrol-ngobrol dengan beberapa Bunda untuk menghadirkan kembali kenangan saat hamil dulu. Dari obrolan itu, HaiBunda merangkum perubahan yang paling menyenangkan saat hamil , nih. Apa saja? Yuk, kita simak bersama.

1. Payudara Lebih Berisi

Indri, Astri dan Vita adalah para Bunda yang sangat senang dengan perubahan yang satu ini saat hamil. Payudara jadi lebih berisi.

Iya, soalnya para bunda ini memiliki badan yang 'tipis'. Jadi ketika beberapa bagian tubuhnya berubah lebih berisi, mereka merasa penampilannya jauh lebih oke. Adakah Bunda yang setuju dengan ketiga Bunda ini?

Saat hamil, wajar banget ya kalau ukuran payudaran jadi meningkat. Biasanya pembesaran terjadi sejak awal-awal masa kehamilan. Meskipun bisa saja ibu baru merasakan ada perubahan pada payudaranya, misalnya ukuran payudara bertambah dan bra terasa sesak ketika usia kehamilan menginjak beberapa bulan.

Ilustrasi perubahan menyenangkan saat hamilIlustrasi perubahan menyenangkan saat hamil /Foto: thinkstock


Penambahan ukurannya pun bervariasi baik satu nomor, dua nomor, atau bahkan empat nomor. Perubahan ini terjadi karena tubuh kita sedang mempersiapkan diri untuk menyusui bayi yang akan dilahirkan.

"Jadi payudara itu pasti membesar saat hamil," ujar dr Ira Rizanty, IBCLC, konselor laktasi di Klinik Laktasi RS Meilia Cibubur, dikutip dari detikHealth. Nah, kalau payudara tidak membesar sama sekali saat hamil, biasanya karena terjadi kelainan pada pembentukan kelenjar susu.

Baca juga: Ini Alasannya Kenapa Ibu Hamil Nggak Boleh Stres

2. Wajah Lebih Bersinar

Sementara itu, Kiki, sahabat HaiBunda lainnya merasa hal yang menyenangkan saat hamil adalah ketika kulit wajahnya lebih halus dan bersinar. "Sampai pernah ngecek kulit pakai sistem teknologi gitu di salahsatu booth skin care, hasilnya kulit lebih muda beberapa tahun," kenang Kiki. Bunda mengalami jugakah?

Ilustrasi perubahan menyenangkan saat hamilIlustrasi perubahan menyenangkan saat hamil/ Foto: Ari Saputra


Pada beberapa perempuan, kehamilan memang bisa menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah ke kulit, terutama wajah. Sehingga pada ibu hamil wajar jika kulitnya tampak lebih bercahaya dan berseri.

Selain perubahan pada pembuluh darah dan aliran darah, perubahan hormon selama kehamilan juga dapat mengubah kemampuan kulit dalam memproduksi minyak. Hal ini juga diyakini turut berperan membuat kulit ibu hamil menjadi lebih bercahaya.

3. Rambut Lebih Lebat dan Tidak Rontok

Indri juga mengatakan hal menyenangkan saat hamil adalah karena rambutnya terlihat lebat dan sama sekali nggak rontok. Sehelaipun tidak ada yang rontok.

Professor Rodney Sinclair, Director of Dermatology di St Vincent's Hospital, Melbourne menjelaskan hormon estrogen pada ibu hamil membuat siklus pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain itu, fase istirahat rambut pun lebih lama. Maka dari itu, tak jarang terlihat rambut ibu hamil sangat tebal di akhir masa kehamilannya.

Baca juga: Tips Memilih Pakaian Tepat bagi Ibu Hamil

4. Nggak Khawatir Dibilang 'Gemukan'

Sementara sahabat HaiBunda lainnya, Eny, mengatakan satu hal yang indah saat hamil adalah ketika pakai baju tertentu dan dibilang gemukan nggak bakal sedih. Soalnya seketika langsung beralasan 'maklum ya kalau gemukan, kan lagi hamil'.

Ya, wajar banget Bun, kalau berat badan kita meningkat saat hamil. Soalnya si kecil dalam kandungan kan ikut membesar dan pasti berkontribusi pada kenaikan berat badan saat hamil. Nggak cuma itu, ada lapisan lemak yang mengendap di beberapa bagian tubuh seperti payudara, bokong dan lengan.

Ilustrasi perubahan menyenangkan saat hamilIlustrasi perubahan menyenangkan saat hamil /Foto: Ari Saputra


dr Verawati S., SpGK dari RS Kemang Medical Care (KMC), dikutip dari detikHealth, menjelaskan total pertambahan berat badan selama hamil adalah 10-12 kg. Namun untuk yang berat badannya kurang sebelum hamil, mereka harus kejar kekurangannya, jadi dianjurkan naik 12,5-18 kg. Sementara yang bobotnya agak berlebih, dianjurkan naik 7-11,5 kg.

5. Bisa Makan 'Apa Saja'

Ilustrasi perubahan menyenangkan saat hamilIlustrasi perubahan menyenangkan saat hamil /Foto: Ari Saputra


Eny dan Indri sama-sama merasa saat hamil adalah masa-masa menyenangkan karena bisa makan apa saja. Soalnya saat nggak hamil, kadang suka nggak nafsu makan. Atau karena alasan nggak ingin gemuk, jadilah membatasi banget makanan yang diasup.

Bagi yang merasa nafsu makannya meningkat, ini sebenarnya akibat dari dua hal. Pertama, penyebabnya adalah hormon selama kehamilan yang membuat ibu hamil terus menerus lapar. Kedua, karena harus berbagi makanan dengan bayi dalam kandungan. Kedua alasan tersebutlah yang semakin membuat porsi dan jadwal makan semakin banyak.

Tapi ingat ya Bun, jangan asal kenyang saja. Perhatikan juga nutrisi untuk si kecil ya.

6. Ada yang Menendang-nendang dari Dalam Perut

Sepertinya semua ibu hamil sepakat ya kalau hal paling indah dan tak terlupakan adalah saat si kecil menendang-nendang perut kita. "Best feeling ever," begitu kata para Bunda.

dr Hari Nugroho SpOG beberapa waktu lalu menuturkan gerak janin di kandungan sangat aktif bila lingkungan sekitarnya terlalu gaduh, misalnya saat ibu makan. "Hal ini terjadi kemungkinan karena janin tersebut bangun karena suara pergerakan usus akibat adanya makanan yang masuk ke dalam usus ibu," ucap dr Hari.

Sering juga janin merespon sentuhan dari luar. Jadi kalau kita elus dan menekan lembut salah satu sisi perut, biasanya janin akan membalas dengan gerakan semacam menendang.

Hayoo.... Siapa yang jadi kangen hamil? (vit/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi