kehamilan

Babymoon Dadakan ke Jepang, Seru Juga

Radian Nyi Sukmasari 12 Okt 2017
Serunya babymoon ke Jepang/ Foto: dok. pribadi Serunya babymoon ke Jepang/ Foto: dok. pribadi
Jakarta - Kadang, ada ibu hamil yang jauh-jauh hari berencana jalan-jalan ke suatu tempat untuk melakukan babymoon. Tapi, nyatanya babymoon bisa juga dilakukan dadakan. Ini pun jadi hal yang menyenangkan buat si ibu hamil.

Kayak yang dialami Bunda satu anak bernama Menur Djarot (26). Di bulan Agustus tahun lalu, Menur yang lagi hamil 7 bulan pergi ke Jepang. Saat itu, Menur nggak punya niat sama sekali untuk babymoon ke Jepang. Tapi, karena sang ibu kebetulan jadi perwakilan salah satu konferensi di Fukuoka, Jepang, jadilah ia dan suami serta adik-adiknya ikutan pergi ke Jepang.

"Itu bener-bener dadakan. Tapi aku juga melakukan persiapan. Sebenarnya lebih ke fisik aja karena beda banget ya kita traveling pas lagi hamil sama pas nggak. He-he-he," kata Menur waktu berbincang sama HaiBunda.

Sebelum terbang ke Jepang, pastinya Menur kontrol dulu ke dokter sampai dapat izin terbang dari sang dokter. Namanya lagi berbadan dua, pastinya ada kendala yang dirasa Menur, Bun. Katanya, Menur jadi lebih gampang capek. Apalagi, saat itu lagi musim panas di Jepang. Alhasil, cuaca pun panas banget.

Keseruan babymoon dadakan ke Jepang/Keseruan babymoon dadakan ke Jepang/ Foto: dok. pribadi


"Karena lagi hamil jadi gampang engap juga. Ha-ha-ha. Biasanya kalau udah engap gitu aku duduk aja dulu, istirahat. Ambil napas, buang napas, terus lanjut jalan lagi," tambah Menur.

Beberapa hari di Jepang, Menur dan sang suami, Gilang (28), menyempatkan mengunjungi Tokyo, Kyoto, Fukuoka, dan Osaka. Kota tersebut dipilih Menur dan keluarga karena menurut mereka banyak tempat destinasi wisata yang memang ingin dikunjungi. Selama di sana, Menur lebih banyak naik kereta dan bus.

Selama babymoon, apa sih yang dirasakan bunda dari Elora yang kini berusia 10 bulan ini? Kata Menur, dia jadi lebih rileks dan bisa refreshing, Bun. Menur juga merasa lebih sehat karena selama di Jepang dia lebih banyak jalan kaki. Untuk urusan makan, anak pertama dari tiga bersaudara ini juga nggak terlalu banyak pantang. Ramen dan makanan Jepang lainnya Menur makan, kecuali Sushi. Menur pun merasa bersyukur nggak ada keluhan apa-apa setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Gilang sendiri kata Menur juga mendukung banget perjalanan babymoon mereka. Saat itu, Gilang cuma berpesan 'Enjoy the trip and if you're happy, your baby will be happy too'. Hmm, setuju ya, Bun, sama pernyataan Ayah Gilang?

"Yang paling nggak terlupakan itu aku ke bamboo forest di Arashiyama. Waktu itu naik bukit dan ternyata aku sampai ke sana lho. Nggak nyangka dalam keadaan hamil bisa nyampai juga ke sana. Dan finally, aku sama Gilang jatuh cinta banget sama Jepang. Buat bunda lain yang mau babymoon, enjoy sama perjalanan aja ya. Jangan takut juga buat eksplor dan jalan-jalan karena bagus juga buat kehamilan, kita juga bisa rileks," kata Menur.

Baca juga: Tentang Babymoon, Menyenangkan atau 'Merepotkan'?

Kalau Bunda yang lagi hamil mau jalan-jalan termasuk babymoon, yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik. dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bilang, yang jadi permasalahan saat ibu hamil sering travelling bukan semata-mata karena durasi lama naik pesawat, tapi justru si ibu kecapekan saat traveling.

Nah, agar nyaman pas bepergian, ada beberapa hal yang meski kita perhatikan, Bun. Baiknya, jangan pakai alas kaki ber-hak. Agar nyaman dan aman, pakai saja flat shoes. Terus, pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat ya. Ingat, kebutuhan cairan wanita hamil minimal 2,5 liter sehari. Makanya, usahakan ibu hamil selalu bawa air minum agar nggak dehidrasi.

Keseruan babymoon dadakan ke Jepang/Keseruan babymoon dadakan ke Jepang/ Foto: dok. pribadi

"Jangan lupa pula bawa wangi-wangian untuk antisipasi jika ada aroma atau bau yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman selama perjalanan," ujar dr Hari dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

Gimana? Bunda udah punya rencana akan babymoon ke mana? Kalau mau ke luar negeri, jangan lupa bawa kartu travel ya. Untuk pilihannya, ada lho Mega Travel Card yang merupakan inovasi terbaru buat nasabah Bank Mega yang sering melakukan perjalanan. Bank Mega bersinergi dengan berbagai pihak antara lain Antavaya Tour dan unit usaha ritel lainnya di bawah CT Corps, Visa Worldwide Indonesia dan corporate partner lainnya.

Apa keuntungan yang bisa didapat pemegang Mega Travel Card? Di antaranya garansi nilai tukar terbaik, fleksibel dalam menukarkan mileage point seperti tiket five star airline, budget airlines, hotel, paket tour, paket umroh, cruise dan lainnya. Serta yang nggak kalah menarik, Bun, keuntungan sepanjang masa di CT Corp berupa diskon hingga 50 persen di perusahaan-perusahaan ritel yang tergabung di dalam CT Corp.

Mega Travel FairMega Travel Fair Foto: Jadwal Mega Travel Fair (dok Bank Mega)

Jangan lewatkan juga Mega Travel Fair karena ada banyak promo ke berbagai negara termasuk ke Amerika Serikat. Yuk, cek jadwal lengkap Mega Travel Fair di sini.

Baca juga: 'Bahkan Saat Hamil, Aku Tidak Mendapat Perhatian Suamiku' (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi