kehamilan

Adakah Bunda yang Rambutnya Rontok Parah Usai Melahirkan?

Radian Nyi Sukmasari 06 Des 2017
Adakah Bunda yang Rambutnya Rontok Parah Usai Melahirkan? (Foto: Thinkstock) Adakah Bunda yang Rambutnya Rontok Parah Usai Melahirkan? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Setelah si kecil lahir, beberapa keluhan masih bisa dialami bunda. Salah satunya rambut rontok bahkan bisa dibilang di taraf parah banget. Nggak jarang, ini menimbulkan pertanyaan di benak kita ya, Bun, "Normal nggak sih rambutku jadi rontok parah gini habis ngelahirin?".

Baru-baru ini, hair stylish di Utah, Christina Kreitel mengunggah video gimana rambut ibu rontok parah pasca melahirkan. Dalam video itu, terlihat rambut panjang seorang ibu ditarik lembut dengan gerakan kayak menyisir gitu, Bun. Eh, rambut si ibu itu gampang banget rontoknya.

Mungkin kita ngerasa, duh, apa nggak sakit rambut ditarik kayak gitu?. Kalau diperhatikan, gerakan menyisir pakai tangan yang dilakukan Kristina nggak terlalu kencang, lho. Tapi, karena memang rambut lagi dalam keadaan rontok parah, disisir lembut pakai tangan pun udah langsung rontok deh rambutnya.

"Nggak ada yang seperti ini. Ya, rambut rontok setelah hamil dan melahirkan. Ini 4 bulan pasca melahirkan. Saya sendiri pernah mengalaminya dan saya kumpulkan rambut rontok saya di dinding kamar mandi," kata Kristina di laman Instagram-nya, @kristinakreitel.

Sejak diunggah pada tanggal 30 Oktober lalu, video realita rambut rontok parah pasca melahirkan ini udah dilihat lebih dari 3,5 juta kali, Bun. Lebih dari 900 komentar juga diberikan netizen. Mayoritas adalah para bunda yang juga senasib alias mengalami juga kerontokan rambut pasca melahirkan.

[Gambas:Instagram]


"Ya Tuhan. Saya juga mengalami itu. Saya sampai takut kalau kepala saya botak," kata @simplynayi. Sementara, @cindy3685 bilang ya itulah realita yang lagi dia hadapi saat ini. Kalau buat @nilooobano, apa yang terjadi di video Kristina adalah mimpi buruk yang pernah dia alami.

Rambut rontok parah setelah si kecil lahir emang bisa bikin parno ya, Bun. Tapi, mestinya kita nggak perlu khawatir karena ini normal kok. Penyebabnya, sama kayak perubahan lain di tubuh kita saat hamil: faktor hormonal. Kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Mount Sinai Medical Centre Joanne Stone MD, saat hamil hormon estrogen meningkat.

Alhasil, fase rontok dalam siklus rambut tertunda. Kata Joanne, ibaratnya rambut jadi nge-freeze gitu, Bun. Nah, setelah si kecil lahir, hormon estrogen sudah mulai stabil dan fase rontok yang harusnya terjadi sebelumnya, baru bisa berlangsung sekarang. Makanya, Joanne bilang kerontokan yang dialami ibu bisa parah banget.

"Umumnya ini terjadi sampai 6 bulan pasca melahirkan. Tapi, ada juga wanita yang mengalaminya sampai setahun setelah melahirkan," kata Joanne dikutip dari Parents.

Joanne menekankan kerontokan rambut ini nggak berhubungan sama kekurangan nutrisi atau vitamin. Ini murni karena perubahan hormon. Nah, hairstylist di Elizabeth Arden Red Door Salon and Spa, Stephanie Scuoppo menyarankan bunda yang habis melahirkan untuk memotong rambut. Terus, jangan lupa jaga kelembapan rambut, Bun. Salah satunya dengan rutin pakai conditioner setelah keramas.

Untuk menyamarkan rambut yang kelihatan tipis, kata Stephanie coba deh ubah belahan rambut, pakai aksesoris rambut, dan buat rambut jadi lebih bergelombang misalnya dengan pakai rol. Kalau Bunda, mengalami juga rambut rontok pasca melahirkan? Separah apa, Bun? Terus untuk mengatasinya, apa yang Bunda lakukan? Yuk bagikan tipsnya di kolom komentar.
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi