kehamilan

Kaki Siti Nurhaliza Bengkak Saat Hamil, Bunda Juga Mengalami?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 19 Feb 2018 - 19.00 WIB
Kaki Siti Nurhaliza Bengkak Saat Hamil, Bunda Juga Mengalami?/ Foto: Instagram Kaki Siti Nurhaliza Bengkak Saat Hamil, Bunda Juga Mengalami?/ Foto: Instagram
Jakarta - Kaki bengkak jadi salah satu keluhan yang umum dialami ibu hamil. Nah, penyanyi Siti Nurhaliza juga mengalami kaki bengkak memasuki usia kehamilan trimester ketiga nih, Bun.

Dalam akun Instagram-nya, Siti mengunggah foto kakinya di atas sandal yang ternyata sandal sang suami. Memang kelihatan banget sih, Bun, kaki Siti membengkak. Karena ukuran kakinya yang bertambah besar sampai-sampai pelantun 'Cindai' ini meminjam sandal suaminya.

"Pinjam selipa suami.. selipa saya dah tak muat," kata Siti diiringi dengan emotikon sedih. Atas apa yang dialami Siti, banyak netizen bersimpati padanya. Bahkan ada beberapa orang yang menyatakan dirinya juga mengalami hal serupa yakni kaki bengkak saat hamil.



Nggak sedikit juga netizen yang menyampaikan saran buat Siti, Bun. Misalnya Siti dianjurkan merendam kakinya pakai air hangat dan garam, lebih banyak bergerak supaya sirkulasi darah lancar dan merendam kakinya dengan air biasa plus es batu. Selain itu, netizen juga mendoakan supaya Siti Nurhaliza dan calon bayinya senantiasa sehat.

[Gambas:Instagram]

Soal kaki bengkak saat hamil, ini memang lumrah dialami ibu hamil. Kenapa? Soalnya pada ibu hamil akan terjadi kenaikan jumlah atau volume darah. Dalam kondisi nggak hamil, volume darah sekitar 5 liter, demikian disampaikan dr Yuslam Edi Fidianto, SpOG dari RS Mayapada Lebak Bulus.

Masuk usia kehamilan 28 minggu, volume darah naik jadi 6 liter dan di usia kehamilan 32-34 minggu, volume darah jadi 7 liter. Yang mengalami kenaikan adalah plasma darah, Bun. Karena makin banyak dan tekanannya makin tinggi, plasma darah merembes melalui pori-pori pembuluh darah dan mengisi jaringan sekitarnya. Akhirnya, kaki pun bengkak.



"Selama tekanan darah tidak naik dan bengkaknya nggak sampai ke muka, itu adalah sesuatu yang dianggap wajar. Tapi, dikatakan nggak normal kalau tensinya tinggi dan bengkaknya sampai ke muka. Memang nggak semua ibu hamil akan mengalami keluhan kaki bengkak. Ini tergantung elastisitas pembuluh darah kapilernya. Kalau elastisitasnya bagus, paling cuma bengkak sedikit," papar dr Yuslam.

Kalau Bunda gimana? Apa punya keluhan sama kayak Siti Nurhaliza yaitu kaki bengkak saat hamil terutama pas usia kandungan masuk trimester ketiga? Punya tips untuk mengatasinya nggak, Bun? Yuk bagikan di kolom komentar.


Tips mengatasi kaki bengkak saat hamilTips mengatasi kaki bengkak saat hamil/ Foto: Infografis
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi