kehamilan

Tips agar Berat Badan Nggak Naik Berlebih Saat Hamil

Radian Nyi Sukmasari 25 Apr 2018
Tips agar Berat Badan Nggak Naik Berlebih Saat Hamil/ Foto: Thinkstock Tips agar Berat Badan Nggak Naik Berlebih Saat Hamil/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Kenaikan berat badan saat hamil memang lumrah dialami seorang wanita. Tapi, tetap aja kita juga nggak bisa terlalu 'cuek' dengan kenaikan bobot saat hamil ya, Bun. Nah, ada nih beberapa hal yang bisa diupayakan supaya kenaikan berat badan saat hamil nggak berlebih.

Kata ahli gizi Retno Ayu Widyastuti S.Gz, untuk membanyu kenaikan berat badan yang sehat selama hamil, ibu dianjurkan mengonsumsi energi sebanyak 2.430 sampai 2.550 kkal per hari. Kata wanita yang akrab disapa Ayu ini, jumlah ini terdiri dari 50-60 persen karbohidrat, 20-25 persen protein dan 20-30 persen lemak.

Ayu melanjutkan, untuk menyeimbangkan asupan gizi ibu hamil juga perlu bijak memilih makanan dan minuman yang padat atau kaya gizi. Makanan yang kaya gizi itu, Bun, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, derat, juga air dengan sedikit atau tanpa penambahan lemak, gula, dan natrium (garam dan MSG) saat diolah.



"Kalau ibu hamil biasanya ada keluhan morning sickness. Nah, makannya nggak apa-apa sedikit tapi sering misalnya dua jam sekali. Itu normal kok. Bisa kasih pilihan makanan bentuk kering tapi tawar kayak cracker atau makanan direbus. Pas diolah juga bumbunya jangan terlalu banyak atau nggak pakai sama sekali karena bau bumbu kan bisa menyengat," tutur Ayu dalam Grand Launching Buku 'Anti Panik Menjalani Kehamilan' oleh Tiga Generasi di Sheraton Grand Jakarta Hotel,baru-baru ini.

Dikutip dari buku 'Anti Panik Menjalani Kehamilan', ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari nih, Bun, yaitu:
1. Makanan dan minuman tinggi kalori yaitu banyak mengandung gula dan tepung.
2. Makanan dan minuman dengan kadar lemak tinggi (banyak menggunakan margarin, mentega, minyak goreng, dan santan).
3. Makanan dan minuman dengan kadar natrium tinggi tetapi sedikit mengandung vitamin dan mineral kayak donat, kue, permen, kue kering, sirup, makanan dan minuman kemasan, junk food, dan minuman bersoda.

"Makanan dan minuman dengan banyak tambahan garam, MSG, dan sedikit mengandung vitamin dan mineral tergolong empty calorie food and beverages yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Begitu juga dengan minuman beralkohol baiknya dihindari dan konsumsi kafein perlu dibatasi," kata Ayu.

Berikut ini pertambahan bobot ibu hamil yang direkomendasikan, Bun:

Tips agar Berat Badan Nggak Naik Berlebih Saat HamilTips agar Berat Badan Nggak Naik Berlebih Saat Hamil/ Foto: Infografis


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi