kehamilan

Cerita Sinematografer Nominator Oscar Tetap Bekerja Saat Hamil

Asri Ediyati Minggu, 12 Agu 2018 - 16.00 WIB
Cerita Sinematografer Nominator Oscar Tetap Bekerja Saat Hamil/ Foto: Istimewa Cerita Sinematografer Nominator Oscar Tetap Bekerja Saat Hamil/ Foto: Istimewa
Los Angeles, California - Bekerja saat hamil tentu bukan hal yang mudah, terlebih jika pekerjaan yang dilakukan membutuhkan tenaga ekstra. Sinematografer perempuan pertama yang jadi nominator Oscar, Rachel Morrison berbagi pengalamannya ketika bekerja dalam kondisi hamil.

Ia membagikan foto dirinya yang tengah memegang kamera dan menulis keterangan di akun Instagramnya. Rachel Morrison mengatakan ibu hamil harus memutuskan sendiri berapa lama mereka ingin bekerja. Ia juga membela hak wanita yang sedang hamil untuk bisa bekerja dengan normal.

"Ada kesalahpahaman umum yang menyamakan kehamilan dengan semacam cacat yaitu gagasan bahwa wanita yang hamil tidak boleh aktif dan tidak dapat menjalani kehidupan normal mereka. Meskipun tidak ada dua kehamilan yang sama, saya hanya ingin mengatakan bahwa bekerja bagi kebanyakan wanita hamil bukanlah halangan. Saya baru saja menyelesaikan fitur film 'Against All Enemies 'di usia kehamilan delapan bulan," tulis Rachel Morrison.

Rachel Morrison melanjutkan, kini dia syuting sebuah iklan dan berencana untuk terus memotret selama ada yang mau mengontraknya. Namun dalam beberapa minggu ke depan ia harus berhenti dari bekerja di set film karena sudah sekat waktunya Rachel melahirkan.

"Intinya saya bukan seorang pahlawan super. Saya hanya akan menjalani hidup saya dengan melakukan hal yang saya sukai selama saya bisa. Karena semakin lama saya bekerja sebelum melahirkan saya bisa cuti dengan tenang setelahnya. Namun urusan cuti juga pilihan saya dan tidak ada orang lain yang berhak mengatur," tambah Rachel Morrison.

Sinematografer film 'Black Panther' ini juga mengaku secara fisik ia bisa kembali bekerja seminggu setelah melahirkan. Namun yang disesalkan Rachel Morrisaon, banyak orang yang merasa dirinya butuh waktu istirahat lebih sementara menurut Rachel waktunya istirahat sudah lebih dari cukup.

"Kehamilan dan motherhood pada umumnya tidak merugikan dan hasil karya saat hamil atau setelah melahirkan juga tidak akan mengecewakan. Ada pengalaman baru dan empati lebih yang telah membuat saya menjadi sinematografer dan pembuat film yang lebih baik. Itu saja," tutup Rachel Morrison.

[Gambas:Instagram]



Aktris Anne Hathaway ikut memuji dan memberi selamat kepada Rachel Morrison Sementara itu, aktris Mindy Kaling juga memberi dukungan kepadanya. Mindy bilang, wanita hamil dan ibu baru adalah bagian penting dari lingkungan kerja.

"Saya bekerja sampai dua hari sebelum putri saya lahir. Untungnya saya mampu dan karena mitra kreatif saya mendukung apa pun yang saya rasa bisa dilakukan. Saya mengakui betapa beruntungnya saya bekerja dalam situasi seperti itu. Membaca insta Rachel mengingatkan saya bahwa sebagai penyedia lapangan kerja, tidak perlu takut mempekerjakan wanita-wanita ini! Mereka bekerja keras dan mereka ingin bekerja!" tulis Mindy Kaling di postingan terpisah.

Terkait ibu hamil yang bekerja, supaya ibu tetap fit jangan lupa makan makanan sehat tiga sampai lima kali sehari, makan snack sehat dan tetap terhidrasi dengan baik alias banyak minum saat bekerja. Pengelolaan waktu juga perlu supaya Bunda tetap bisa kontrol teratur ke dokter, demikian dikutip dari Health Me Up.

Selanjutnya jangan lupa minum suplemen atau vitamin dengan sebelumnya konsultasi ke dokter, tidur yang cukup, olahraga ringan, hindari alkohol juga rokok, baik merokok maupun terpapar asapnya. Jadi buat Bunda yang memilih tetap bekerja saat hamil, semangat ya!

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi