kehamilan

Ibu Hamil yang Seperti Ini Perlu Lakukan Vaksinasi Anti Rabies

Asri Ediyati Minggu, 26 Agu 2018 - 07.01 WIB
Ilustrasi ibu hamil yang perlu mendapat vaksin rabies/ Foto: Ari Saputra Ilustrasi ibu hamil yang perlu mendapat vaksin rabies/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit hewan menular yang dapat menyerang manusia dan disebabkan virus dari genus Lyssavirus. Penyakit ini bersifat akut serta menyerang susunan saraf pusat. Nah, apakah ibu hamil atau wanita yang berencana hamil perlu mendapat vaksin anti rabies (VAR)?

"Kalau mau diberikan sebenarnya faktor yang perlu dilihat itu adalah apakah ibu berisiko dan tinggal di tempat yang memiliki kasus rabies yang tinggi atau nggak. Kalau iya maka diberikan vaksin anti rabies," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes RI dr Elizabeth Jane Soepardi MPH Dsc saat ditemui dalam acara di kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.

dr Jane bilang kalau ibu memang nggak berisiko misalnya nggak tinggal di lingkungan yang kasus rabiesnya tinggi lalu jarang pergi dan beraktivitas di luar, maka nggak perlu melakukan vaksinasi anti rabies.

"Nah untuk kapan waktu disarankan bagi ibu hamil untuk vaksin anti rabies, kebanyakan vaksinasi biasanya boleh dilakukan setelah melewati trimester pertama, karena kalau trimester pertama kan masih rentan banget janinnya. Jadi harus lewat dari itu," ujar dr Jane.



Lalu, bagaimana jika seorang ibu hamil tak sengaja tertular rabies? Kata dr Jane, pada prinsipnya saat seseorang terinfeksi rabies yang pertama kali diserang adalah saraf di otak. Nah, jika otak sudah diserang pasti ada kejadian lanjutan pada ibu hamil misalnya keguguran. Duh, jangan sampai ya, Bun.

Untuk itu, jika Bunda memiliki hewan peliharaan jangan lupa untuk rutin divaksin karena penularan virus rabies pertama kali lewat air liur hewan yang kena rabies. dr Jane juga berpesan untuk selalu menjaga higienitas tubuh agar nggak mudah terserang penyakit. Untuk mendapatkan vaksin rabies, Bunda bisa ke puskesmas terdekat. Jangan lupa bunda yang sedang hamil juga konsultasi ke dokter kandungan lebih dulu ya.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi