kehamilan

Bunda Hamil? Konsumsi Jenis Ikan Ini Bantu Kuatkan Janin Lho

Asri Ediyati 11 Sep 2018
Bunda Hamil? Konsumsi Jenis Ikan Ini Bantu Kuatkan Janin Lho/ Foto: iStock Bunda Hamil? Konsumsi Jenis Ikan Ini Bantu Kuatkan Janin Lho/ Foto: iStock
Jakarta - Ketika hamil bisa jadi beberapa ibu agak takut mengonsumsi seafood terutama ikan. Ya, ikan umum jadi bahan perdebatan tentang aman atau nggaknya bila dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi, menurut riset terbaru makan ikan yang menghasilkan minyak selama hamil bisa menguatkan janin nih, Bun.

Bila kita bicara ikan yang menghasilkan minyak berarti berkaitan erat dengan ikan-ikan yang mengandung banyak omega-3. Menurut beberapa riset, omega-3 memang bisa membantu mengurangi risiko bayi lahir prematur dan membuat anak cerdas. Ikan-ikan yang mengandung omega-3 ini adalah salmon, sarden, tuna segar dan ikan trout.

Untuk mengetahui dampak dari minyak ikan, para peneliti di Inggris dan Denmark mengamati efek ketika ikan-ikan yang mengandung omega-3 itu dikonsumsi ibu hamil. Penelitian melibatkan 736 wanita hamil yang mengonsumsi minyak ikan atau minyak zaitun setiap hari mulai dari minggu ke-24 kehamilan hingga satu minggu setelah melahirkan.



Para peneliti terus memantau pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lingkar pinggang bayi sebanyak 11 kali dari lahir sampai umur 6 tahun. Hasilnya suplementasi minyak ikan menyebabkan peningkatan massa tulang yang baik pada usia 6 tahun. Perbedaan berat badan total rata-rata bayi adalah 357 gram. Ini menunjukkan simulasi pertumbuhan somatik yang sehat.

Terkait konsumsi minyak ikan pada ibu hamil dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo mengatakan nggak cuma minyak, dalam ikan mengandung vitamin D yang bisa menyerap kalsium dalam tubuh dan juga membangun penyimpanan vitamin D pada bayi. "Omega 3 penting untuk perkembangan sistem saraf, penglihatan, dan otak bayi. Setidaknya, seminggu atau dua minggu sekali konsumsilah ikan ya, Bun," kata dr Meta.

Selain salmon, sarden, tuna dan ikan trout, adakah pilihan ikan lain yang bisa membantu menguatkan janin? Ada Bun, USDA Food Safety memuat jenis-jenis ikan yang baik dikonsumsi selama hamil dan untuk keluarga. Berikut adalah daftar ikannya.
Bunda Hamil? Konsumsi Jenis Ikan Ini Bantu Kuatkan Janin LhoTabel Ikan yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil/ Foto: USDA

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi