kehamilan

6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Yuni Ayu Amida Jumat, 05 Okt 2018 - 18.05 WIB
6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan (Foto: iStock) 6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan (Foto: iStock)
Jakarta - Ibu yang akan melahirkan kerap merasakan sakit saat melahirkan. 6 Cara mengurangi sakit saat melahirkan bisa dicoba.

Sebenarnya setiap wanita pasti akan merasakan sakit saat persalinan tiba. Hal ini tak jarang membuat sebagian wanita stres saat menghadapinya. Dikutip dari detikcom menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Hari Nugroho, SpOG, semua wanita memang akan merasakan nyeri pada saat melahirkan. Walaupun derajat nyeri tersebut dirasakan berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya.

Dilansir dari Cosmopolitan, ini lho, 6 cara untuk meredakan sakit saat melahirkan. Semoga bisa membantu Bunda yang akan melahirkan ya.

1. Latihan Kardio

Saat hamil, sebaiknya bunda tetap melakukan kegiatan olahraga. Latihan Kardio, seperti berlari, berjalan kaki, atau bersepeda dapat membantu mempertahankan detak jantung agar tetap sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan melepaskan hormon endorfin. Stacie Schurman, bidan perawat bersertifikat dari University of California, Los Angeles (UCLA) Obstetrics and Gynecology mengatakan, jika kita rutin berolahraga, dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan.




2. Aromaterapi

Bahan aktif dalam beberapa minyak esensial yang berasal dari tanaman dapat memengaruhi suasana hati. Bahan ini terbukti dapat menjadikan hati senang dan mengurangi tingkat stres. Minyak atsiri, salah satu aromaterapi ini penggunaannya dapat dibaluri lalu pijat tubuh, atau dihirup.

Dorene Petersen, pendiri American College of Healthcare Sciences mengatakan, menghirup aromaterapi merupakan cara tercepat molekul-molekul baik masuk ke aliran darah. Ini dapat memengaruhi sistem kontrol rasa sakit dalam tubuh.

Pijat aromaterapi selama persalinan juga dapat meredakan nyeri fisik, dan juga menstimulasi otak agar mengirimkan pesan kepada tubuh untuk berhenti memproduksi bahan kimia yang dapat menyebabkan nyeri saat persalinan. Di antara minyak pijat aromaterapi, ada beberapa yang disarankan, seperti minyak mawar untuk mengontrol rasa sakit kejang otot, minyak lada hitam untuk meningkatkan daya tahan dan stamina, serta minyak lavender yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dari trauma persalinan normal maupun caesar.



3. Akupunktur

Praktik akupunktur yang berasal dari China ini adalah salah satu solusi utama untuk sakit akut dan mual di seluruh dunia. Beberapa uji medis telah menyimpulkan bahwa akupunktur merupakan pengobatan non-farmakologis yang efektif untuk nyeri persalinan. Cara kerjanya begini Bun, seorang praktisi akupuntur akan menyisipkan jarum steril tipis ke dalam kulit pada titik-titik tertentu. Ini dapat melepaskan hormon endorphin dan serotonin.

Selain itu, ini juga mampu meningkatkan sirkulasi, menghasilkan respons kesehatan secara keseluruhan dalam tubuh, membebaskan ketegangan, dan memicu sistem saraf tubuh untuk menolak bahan kimia yang menyebabkan stres dan rasa sakit.


6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan (Foto: thinkstock)


4. Berhubungan Intim

Mungkin Bunda agak sedikit canggung untuk melakukan hubungan seks saat hamil terutama mendekati hari persalinan. Tapi ini salah satu cara paling efektif untuk
memicu bahan kimia pereda nyeri alami tubuh kita bereaksi. Disarankan untuk orgasme lebih intens.

Orgasme menyebabkan rahim berkontraksi yang juga terjadi selama persalinan. Jadi rutin orgasme selama kehamilan dapat membantu tubuh mengasosiasikan sensasi ini dengan kesenangan, bukan rasa sakit.

6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan6 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan (Foto: thinkstock)


5. Hipnoterapi

Hipnoterapi atau hipnosis biasanya digunakan untuk mengobati kecanduan, depresi, dan gangguan kecemasan. Tetapi ternyata, hipnoterapi juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada wanita saat proses melahirkan. Saat pikiran kita berada pada kondisi relaksasi yang dalam, maka tubuh akan menstimulus energi positif. Teknik ini bisa diterapkan dengan meditasi, melakukan pernapasan dalam, atau mendengarkan rekaman suara yang positif.



6. Terapi Air

Terapi air juga salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit saat tahap pertama persalinan. Dengan berendam di bak ketika kontraksi dini, akan mengurangi intensitas rasa sakit. Air dipercaya sebagai anestesi yang baik untuk persalinan dan memungkinkan tubuh merasa ringan saat berendam.


(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi