kehamilan

Menguak 4 Mitos Kehamilan

Zika Zakiya Minggu, 07 Okt 2018 - 11.32 WIB
Ilustrasi ibu hamil/Foto: thinkstock Ilustrasi ibu hamil/Foto: thinkstock
Jakarta -

"Ibu hamil nggak boleh begini, ibu hamil harus begitu..." Aduh banyak banget deh pantangan dan keharusan hamil yang beredar di luar sana. Akibatnya, jadi banyak ibu hamil yang merasa aktivitasnya terbatasi dan menganggap kehamilan merepotkan.

Padahal nih, Bun, nggak semua mitos itu benar. Malah ada beberapa di antaranya yang benar-benar isapan jempol belaka. Kita kuak bersama yuk mitos-mitos kehamilan agar Bunda tak salah langkah.

1. Ibu Hamil Nggak Boleh Konsumsi Makanan Manis

Menguak 4 Mitos KehamilanIlustrasi cokelat/Foto: Istock

Sejatinya ada satu makanan manis yang dianjurkan untuk diasup ibu hamil: cokelat! Studi yang dilansir parents menyebutkan ibu hamil yang makan cokelat setiap hari akan memiliki anak yang sering senyum, tertawa, dan tidak pengecut di usia enam bulan pertama.

Studi lain menyebut bahwa ibu hamil yang makan lima cokelat atau lebih setiap pekannya di trimester akhir, akan punya 40 persen risiko lebih kecil mengalami preeclampsia.

2. Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Seafood

Ilustrasi salmonIlustrasi salmon Foto: Istock

Untuk yang satu ini, Bunda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan. Namun demikian, studi menyebut bahwa ibu hamil yang sering makan ikan segar dengan kandungan omega-3 akan memiliki bayi yang lebih cerdas.

3. Janin adalah Jaringan Pasif

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: iStock

Salah! Janin adalah makhluk yang aktif, dinamis, dan merespons apa pun yang diberikan Bunda. Janin juga akan beradaptasi dengan baik dengan sekelilingnya sebagai bentuk kesiapan masuk ke dunia baru.

4. Semua Perempuan Hamil Pasti Bahagia

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: thinkstock

Tidak demikian, Bunda. Adalah hal wajar buat perempuan mengalami mood yang baik dan tidak. Tidak terkecuali ibu hamil. Malah studi menyebut bahwa 20 persen perempuan hamil mengalami depresi dan cemas berlebih.

[Gambas:Video 20detik]



(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi