kehamilan

Kampanye Bunda PAS, Edukasi Pentingnya Asupan Nutrisi Saat Hamil

Nabila Nufianty Putri Selasa, 16 Okt 2018 - 12.38 WIB
Kiri-Kanan: MC, dr. Edo Raditya, Sp.OG, Dian, dr. Phitra Sekar Dianggra, Sp.GK, Donita / Foto: Dok Kalbe Kiri-Kanan: MC, dr. Edo Raditya, Sp.OG, Dian, dr. Phitra Sekar Dianggra, Sp.GK, Donita / Foto: Dok Kalbe
Jakarta - Data nasional Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2%. KEK terjadi karena kurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan gangguan pada kesehatan bunda dan janin yang dikandungnya.

Melihat fenomena tersebut, Kalbe Blackmores Nutrition kembali mengadakan seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta, Sabtu (13/10/2018). Adapun pembicara yang dihadirkan antara lain spesialis gizi klinik dr Phitra Sekar Dianggra, SpGK, spesialis kebidanan dan kandungan dr Edo Raditya, Sp.OG, dan Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition Dian.


Seminar yang sebelumnya telah digelar di Jakarta, Bandung, dan Surabaya ini digelar untuk mengedukasi bunda hamil dan menyusui mengenai pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikis bunda selama 1.000 Hari Pertama Kehidupan si kecil.

"Sejalan dengan visi dan misi Kalbe Blackmores Nutrition yaitu menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik, kami mengadakan rangkaian edukasi yang menyeluruh melalui kegiatan Bunda PAS ini," ujar Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto, dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Dickson mengungkapkan edukasi yang diberi mulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi Bunda dan si kecil selama masa kehamilan dan menyusui.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Edo Raditya, SpOG mengungkapkan nutrisi dan kandungan gizi berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan janin. Maka, Bunda perlu memahami kebutuhan nutrisi pada setiap trimester kehamilan.

Trimester pertama merupakan periode perkembangan organ penting sehingga salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan adalah asam folat untuk mencegah kelainan cacat saat lahir. Adapun asupan nutrisi lain yang harus dikonsumsi antara lain kalsium, zat besi, vitamin C, omega 3, yodium, serta vitamin B1, B2, dan B3


Sementara itu, spesialis gizi klinik dr Phitra Sekar Dianggra, SpGK mengungkapkan pencegahan risiko KEK pada ibu hamil bisa dilakukan sebelum kehamilan dengan status gizi yang baik.

"Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dan gizi seimbang sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, penting untuk memastikan kesehatan ibu dan janin optimal," katanya.

Agar asupan nutrisi yang tepat terus terpenuhi bagi bunda hamil dan menyusui, Blackmores menghadirkan suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Ini mengandung DHA, kalsium, dan zat besi tinggi yang membantu mengurangi risiko konstipasi, vitamin, dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui. (ega/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi