kehamilan

Cara Tepat Menghitung Usia Kehamilan

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 18 Okt 2018 - 11.07 WIB
Cara tepat hitung usia kehamilan/ Foto: Thinkstock Cara tepat hitung usia kehamilan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Usia kehamilan kadang jadi perbincangan. Terlebih bila pasangan baru menikah dan si istri hamil. Bukan nggak mungkin pikiran negatif berseliwean di benak orang-orang. Maka dari itu, Bun, kita perlu tahu nih gimana cara tepat mengitung usia kehamilan.

Sahabat HaiBunda, Nita bercerita H-1 hari pernikahannya dia baru selesai haid. Nah, di bulan berikutnya Nita nggak haid dan kala itu dia dinyatakan hamil dengan usia kandungan 4 minggu. Mendengar kabar akan menimang cucu, ibunda Nita sempat senewen karena mengira anaknya sudah hamil duluan.



"Ibu saya udah mikir yang nggak-nggak. Padahal saya memang nggak ngapa-ngapain sebelum nikah kan. Akhirnya pas kontrol ke dokter kandungan saya ajak aja ibu. Dijelaskan sama dokter baru deh ibu ngerti, he-he-he," tutur Nita kepada HaiBunda.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: iStock


Memang ya, Bun, kadang kalau kita nggak tahu gimana perhitungan usia kehamilan dilakukan. Seperti Nita yang baru menikah dan sebulan kemudian hamil dikira sudah 'nabung' duluan, he-he-he.

Kata dr Finekri Abidin SpOG(K) dari RS YPK Mandiri usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir si ibu. "Tapi ini ada syaratnya yaitu jika siklus haid si ibu teratur tiap bulan," ujar dr Finekri.

Hmm, lantas kalau si ibu haid-nya nggak teratur, bagaimana cara tepat menghitung usia kehamilannya? Langsung aja simak penjelasan dr Finekri di video berikut ini ya, Bun:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/ziz)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi