kehamilan

3 Alasan Ibu Hamil Mengidam Makanan Tertentu

Yuni Ayu Amida Senin, 26 Nov 2018 - 07.07 WIB
3 Alasan Ibu Hamil Mengidam Makanan Tertentu /Foto: iStock 3 Alasan Ibu Hamil Mengidam Makanan Tertentu /Foto: iStock
Jakarta - Bunda mengidam makanan manis ataupun asin saat hamil? Ternyata, mengidam makanan tertentu ketika hamil itu ada alasannya lho, Bun.

Menurut Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto SpOG(K), teori pertama tentang ngidam adalah teori perlindungan untuk ibu dan janin. Selain itu, mengidam disebabkan karena penurunan nutrisi pada ibu hamil.


"Semua makhluk hidup kan dirancang memiliki daya tahan tubuh. Jadi, semua benda asing akan ditolak dari tubuh. Nah, tapi karena kuasa Tuhan ketika ada janin di dalam tubuh ibu, janin itu nggak dikeluarkan. Akhirnya terjadi yang namanya morning sickness. Ketika mual, otomatis muntah dan bunda kekurangan nutrisi. Penurunan nutrisi inilah yang menyebabkan bunda ngidam," papar dr Damar beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dr Damar mengatakan ngidam menekan pembentukan jaringan tubuh ibu dan janin. Itu sebabnya selama hamil, Bunda butuh nutrisi untuk membantu sel-sel di tubuh membentuk jaringan baru di dalam maupun di janin seperti jaringan lemak, jaringan penyusun kelenjar susu, dan jaringan penyusun plasenta.

Nah, saat hamil, Bunda mungkin akan mengidam beberapa makanan, seperti makanan asin manis. Melanie McGrice, seorang ahli diet mengungkapkan tiga alasan paling umum mengapa wanita mengidam selama kehamilan dan bagaimana mengatasinya dilansir Daily Mail.

1. Mengalami dehidrasi

Jika mengidam makanan yang cenderung mengandung garam alias asin seperti keripik kentang, Bunda mungkin mengalami dehidrasi. Ibu hamil membutuhkan banyak darah untuk memberi makan bayinya agar tetap sehat. Darah dan air ketuban pada dasarnya merupakan cairan. Itu artinya, saat hamil Bunda butuh banyak cairan dalam tubuh. Tapi faktanya kebanyakan wanita hamil kekurangan cairan pada trimester pertama.

"Volume cairan tubuh meningkat sekitar 150 persen selama kehamilan," kata Melanie.

Selain itu, garam membantu tubuh mempertahankan banyak cairan. Itu sebabnya mengapa atlet minum-minuman yang asin ketika sedang berkompetisi. Soalnya, mereka butuh banyak cairan.

"Jika tidak minum cukup air, ada kemungkinan besar tubuh akan menginginkan asupan makanan asin," ucap Melanie.

Jadi, Melanie menyarankan ketika Bunda hamil dan mengidam makanan asin, sebaiknya minum air lebih banyak. Atau jika pun ingin makanan asin, sebaiknya cari asupan yang lebih sehat seperti ikan, kacang, atau beberapa sayuran, bukan keripik kentang atau pizza.

2. Kurang zat besi

Menurut Melanie, kebutuhan zat besi meningkat selama kehamilan, khususnya, selama trimester kedua dan ketiga. Ketika kekurangan zat besi, ibu hamil bisa sangat lelah. Jadi, jika Bunda mengidam makanan kaya zat besi seperti daging merah, ikan, dan bayam, temui dokter untuk memeriksakan kadar zat besi Bunda ya.

3. Kurang cukup makan

Ilustrasi ibu hamil ngidam makanan manisIlustrasi ibu hamil ngidam makanan manis Foto: iStock

Bukan rahasia lagi bahwa nafsu makan ibu hamil bisa meningkat. Jika kurang makan atau lupa waktu makan, kemungkinan Bunda akan mengidam makanan manis.


Masalahnya adalah, makanan manis mengandung karbohidrat tinggi yang jika dikonsumsi berlebih bisa memicu obesitas. Makanya, sebisa mungkin makan dengan teratur ya, Bun. Boleh aja kalau mau konsumsi makanan manis tapi jumlahnya dibatasi dan lebih selektif lagi. Misalnya, Bunda bisa ngemil buah-buahan atau yoghurt ketika ingin makan yang manis-manis. (yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi