kehamilan

Alasan Ibu Hamil Sering Alami Masalah Mulut dan Gigi

Amelia Sewaka Rabu, 05 Des 2018 - 11.08 WIB
Alasan Ibu Hamil Sering Alami Masalah Mulut dan Gigi/Foto: Istock Alasan Ibu Hamil Sering Alami Masalah Mulut dan Gigi/Foto: Istock
Jakarta - Ketika ingin program hamil, seringkali Bunda diminta untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk gigi dan mulut. Perlu diingat, kesehatan mulut dan gigi itu nggak kalah penting ketika hamil lho Bunda.

Menurut drg Bambang Nursasongko SpKG, penting sekali ketika wanita ingin hamil, harus persiapkan semuanya termasuk soal kesehatan gigi dan mulut. Karena pada wanita hamil atau pasien tertentu kadang gusi bisa membengkak.

"Biasanya itu hormonal ya, termasuk karena kotor atau si ibu kurang menjaga kebersihan mulut juga, sehingga terkena rangsangan dari luar lalu bisa membesar gusinya. Tapi ketika sudah melahirkan, nggak akan sakit lagi," kata drg Bambang saat acara Media Talk Bersama Sasha Pasta Gigi Halal, Pancaran Aura Islam di Greyhound Cafe, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.




Biasanya, lanjut drg Bambang, permasalahan gigi pada wanita hamil terjadi saat trimester pertama dan ketiga, baik pada tiga bulan pertama atau tiga bulan terakhir. Tapi kalau bumil (ibu hamil) bisa menjaga kebersihan mulut dan gigi, bisa terhindar sakit gigi.

"Sulitnya adalah, ketika ingin mengobatinya. Kita nggak bisa sembarang kasih obat sakit gigi atau suntik pada wanita hamil, karena bisa berdampak pada janin. Jadi, sebaiknya memang ibu mempersiapkan diri kalau mau hamil," ujar drg Bambang.

drg Irayani Queencyputri, dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC), menjelaskan bahwa saat hamil, wanita lebih banyak memproduksi hormon estrogen, yang menyebabkan tubuh menjadi lebih sensitif termasuk organ di dalam rongga mulut, yaitu gigi dan gusi.
Alasan Ibu Hamil Sering Alami Masalah Mulut dan GigiFoto: Istock

"Nah, hormon estrogen kan lagi aktif-aktifnya, hal ini memicu semuanya jadi sensitif termasuk dalam rongga mulut. Misalnya sebelum hamil giginya udah berlubang-lubang, nah bisa jadi ketika hamil jadi sakit atau malah bengkak gusinya," kata wanita yang akrab disapa drg Rara seperti dilansir detikcom.

drg Rara memaparkan, ibu hamil yang belum pernah scaling atau membersihkan karang gigi memiliki risiko lebih besar mengalami masalah gigi ketika hamil. Oleh karena itu, drg Rara mengingatkan kepada para wanita yang berencana hamil agar segera memperbaiki gigi yang berlubang dan melakukan perawatan.

Ia juga menyarankan untuk melakukan perawatan gigi seperti scaling setiap enam bulan sekali. Nah, Bunda, jangan lupa ya jaga kesehatan gigi dan mulut jika ingin melakukan program kehamilan.


(aml/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi