kehamilan

3 Asupan Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Senin, 28 Jan 2019 - 16.00 WIB
Ilustrasi asupan ibu hamil/ Foto: thinkstock Ilustrasi asupan ibu hamil/ Foto: thinkstock
Jakarta - Menjaga pola makan saat hamil wajib banget dilakukan lho, Bun. Alasannya tentu demi optimalnya tumbuh kembang si kecil selama di kandungan. Namun, jangan sembarangan makan ya, Bun, agar tidak membahayakan janin.

Bagi Bunda yang sedang hamil ada tiga asupan yang sebaiknya dihindari. "Menginginkan makanan terbaik bagi bayi bisa jadi alasan ibu hamil begitu memperhatikan pola makan selama kehamilan. Namun sudahkah Bunda tahu ada tiga makanan yang perlu dihindari selaama kehamilan?" kata dr Irfan Rahmatullah SpOG.

Kata dr Irfan, ada 3 asupan yang perlu dihindari ibu hamil, yaitu:

1. Makanan laut yang mengandung merkuri

Ilustrasi asupan makanan ibu hamilIlustrasi asupan makanan ibu hamil/ Foto: Istimewa
dr Irfan mengatakan kalau seafood merupakan sumber protein, zat besi dan omega-3 terbesar yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Tapi hati-hati memilihnya ya. Soalnya, beberapa produk makanan hasil laut mengandung kadar merkuri.

"Contohnya ikan pedang, hiu, makarel, dan kerang-kerangan. Kerang-kerangan saat ini banyak yang berasal dari lautan dangkal yang mengalami polusi dan mengandung merkuri di atas nilai ambang yang diizinkan. Padahal, kadar merkuri yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada sistem saraf bayi," papar dr Irfan dalam bukunya 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harapan.



2. Bahan makanan mentah

ilustrasi asupan ibu hamililustrasi asupan ibu hamil/ Foto: Istimewa
Asupan yang perlu dihindari oleh ibu hamil lainnya adalah bahan makanan mentah misalnya sushi, sashimi, ikan mentah, daging mentah dan telur mentah. Menurut dr Irfan, dalam daging ikan mentah atau telur mentah ada organisme Salmonella yang bisa menginfeksi tubuh.

Infeksi Salmonella mengakibatkan kematian janin di awal kehamilan. Bunda perlu tahu, Salmonella akan mati dengan pemanasan saat memasak dengan benar. Sedangkan, di dalam otot sapi tersembunyi oocyts dari parasit toksoplasma yang jika dikonsumsi dalam keadaan mentah berpotensi infeksi toksoplasma saat kehamilan.

"Untuk itu olahlah daging sapi dengan benar dan matang," ujar dr Irfan.

3. Vitamin A berlebihan

ilustrasi asupan ibu hamililustrasi asupan ibu hamil/ Foto: Thinkstock
"Hindri konsumsi vitamin A berlebihan selama hamil. Vitamin A berlebih diduga bisa mengakibatkan kerusakan pada fase embrio. Makanya, konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A tinggi seperti hati sebaiknya dibatasi," tutur dr Irfan.

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi