kehamilan

Ketika Ibu Mengalami Hamil 'Kebo'

Amelia Sewaka Kamis, 31 Jan 2019 - 15.00 WIB
Ketika Ibu Mengalami Hamil Kebo/Foto: Istock Ketika Ibu Mengalami Hamil 'Kebo'/Foto: Istock
Jakarta - Perjalanan tiap bumil (ibu hamil) pasti berbeda-beda, nggak cuma perorangan tapi pada satu Bunda saat kehamilan pertama dan kedua juga bisa berbeda lho. Nah, pernahkah Bunda yang sedang hamil, tapi merasa nggak hamil? Maksudnya saat hamil nggak mual atau muntah, males gerak dan bisa makan sewajarnya...

Mungkin Bunda mengalami yang namanya hamil 'kebo'. Eits jangan panik, Bun, ini bukan hal menyeramkan kok. Malah menurut psikolog anak dan keluarga, Ajeng Raviando, harusnya Bunda yang mengalami hamil 'kebo' patut bersyukur, he-he-he.

"Karena gini, saat hamil biasa ibu kan merasa mual dalam jangka waktu sebulan atau dua bulan. Kan nggak enak tuh, akhirnya asupan gizi pun juga berkurang. Jadi menurutku, ketika seorang ibu mengalami hamil 'kebo' tentunya kita harus menyikapi hal tersebut dengan positif thingking bahwa, oh oke mungkin saya berbeda nih dari ibu atau kehamilan yang lain," papar Ajeng saat berbincang dengan HaiBunda.

Ajeng bilang, tetap bersyukur bahwa, kehamilan tersebut tidak menyulitkan diri si bumil. Akhirnya asupan gizi pun juga bisa banyak yang masuk, makan tidak pilih-pilih dan melakukan aktivitas harian pun lancar-lancar saja.


Ketika Ibu Mengalami Hamil 'Kebo'Foto: Istock
"Misal, saat kehamilan kita mudah mual kan jadi milih makanan yang mau kita makan tuh, akhirnya gizi yang masuk pun jadi susah. Belum lagi, gimana caranya supaya bumil nggak terpancing untuk mual dan pada akhirnya butuh effort lebih kan. Jadi, saat bumil merasakan hamil 'kebo' ya disyukurin aja," tambah ibu dua anak ini.

Terkait hamil 'kebo', dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Permata Depok, dr Alfiben SpOG mengatakan hal tersebut memang bisa terjadi ketika ibu hamil memiliki perasaan malas bergerak. Selain itu, penyebab lainnya adalah ibu hamil tidak mengatur konsumsi makanannya.

"Seperti ibu yang cuma makan jajan-jajanan aja. Biasanya seperti itu dan bukan bawaan bayi kalau ibu ngebo atau mual," pungkas dr Alfiben seperti dikutip dari detikcom.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi