kehamilan

Asupan untuk Bunda di Masa Awal Kehamilan

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 01 Mar 2019 - 16.02 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan/ Foto: iStock Ilustrasi ibu hamil makan/ Foto: iStock
Jakarta - Asupan untuk ibu hamil kadang bikin bingung enggak sih, Bun? Terlebih ketika Bunda hamil di trimester awal. Misalnya, timbul pertanyaan berapa sih tambahan asupan kalori di trimester awal kehamilan?

Dijelaskan dr.Arti Indira, M.Gizi, Sp.GK, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, di awal kehamilan sebenarnya pertambahan kalori dan protein ibu enggak terlalu banyak. Biasanya cuma bertambah 100 - 150 kalori aja, Bun.


"Dikit banget lho itu tambahannya. Nasi 100 gram kalorinya sekitar 175. Enggak sampai satu mangkuk nasi. Nah, makanya kalau makan sehari-hari asal udah sehat, udah bisa memenuhi asupan ibu di trimester pertama," kata Arti, saat berbincang dengan HaiBunda.

"Biasanya, pas awal kehamilan, makan seperti pas enggak hamil enggak apa-apa. Tapi kalau pagi biasanya lebih mual, waktunya bisa digeser agak lebih siang," tambah Arti.

Ilustrasi hamil trimester pertamaIlustrasi hamil trimester pertama/ Foto: Istock

Arti mengingatkan, makanan yang bisa memicu rasa mual pada ibu hamil juga mesti dikurangi atau kalau bisa dihindari ya. Meskipun, asupan yang memicu mual pastinya berbeda pada tiap orang.

"Kan ada yang mual lihat bentuk makanannya. Atau baru coba rasanya, ternyata agak asam langsung enek. Makanya kita perlu mengenali diri kita sendiri dulu. Lalu ingat, makannya porsi sedikit tapi sering," imbuh ibu tiga anak ini.

Jangan lupa juga untuk banyak minum ya, Bun. Kadang kala, ada ibu hamil yang enek jika minum air putih. Menanggapi hal ini, Arti bilang, memang asupan cairan terbaik adalah air putih. Namun, jika ibu enek bila minum air putih, sesekali konsumsi minuman berkalori (dengan rasa) boleh saja. Namun, tetap perhatikan jumlahnya alias jangan berlebihan.


Untuk mengurangi mual saat hamil di minggu-minggu awal, Bunda bisa makan permen jahe atau minum air jahe. Kata Arti, penelitian menunjukkan jahe ampuh membantu mengurangi mual.

"Biasanya ibu hamil juga mendapat suplemen tambahan berupa asam folat ketika enggak bisa mendapatnya dari asupan harian. Ibu hamil butuh asam folat 400 - 600 mikrogram. Sumber asam folat kan sayuran hijau. Tapi, kadang ibu hamil mual jadi butuh suplemen," tutur Arti.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi