kesehatan

Biar Kulit Nggak Kering, Perlukah Bayi Sering-sering Dimandikan?

Amelia Sewaka 13 Sep 2017
Ilustrasi bayi mandi/ Foto: Thinkstock Ilustrasi bayi mandi/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernah melihat kulit bayi yang kering nggak, Bun? Kalau sudah kering begitu apakah dengan memandikannya lebih sering maka akan membuat kulit bayi jadi lebih lembap?

Ternyata jawabannya: tidak. Kata dr Jerome Valleteau de Moulliac, dokter anak terkemuka dari Perancis, justru jika bayi lebih sering dimandikan maka akan punya risiko kulit kering. Lebih baik memandikan bayi disesuaikan dengan iklim. Jadi nih, kalau seperti di Indonesia yang tropis, bayi bisa dimandikan dua kali dalam sehari.

Baca juga: Yang Terjadi pada Anak Saat Kulitnya Terinfeksi 6 Parasit Ini

dr de Moulliac yang ditemui pada konferensi pers 'Peluncuran Rangkaian Produk Perawatan Bayi Corine de Farme, di Decanter Restaurant', Plaza Kuningan pada Rabu (13/9/2017) lantas memberikan beberapa saran untuk bayi yang kulitnya kering:

1. Jangan terlalu sering memandikan bayi, karena jika si kecil terlalu sering dimandikan akan terjadi sekresi dan beberapa unsur kulit bayi berkurang atau malah menghilang yang menyebabkan kulit bayi makin kering.
2. Suhu air mandi adalah hangat ya Bun, jangan terlalu panas.
3. Jangan biarkan bayi terlalu lama berendam di bak.
4. Bayi harus benar-benar kering saat akan dipakaikan pakaian.

Lalu apa sih yang membuat kulit bayi kering? "Faktor eksternal seperti cuaca dan tingkat polusi selalu identik dengan isu kulit. Bahkan bagi bayi, isu seperti debu, material pakaian, kandungan deterjen, susu formula dan berbagai macam faktor lainnya dapat mempengaruhi mutu dan kesehatan kulit pada bayi," terang dr de Moulliac.

Dokter yang sudah mempunyai 44 tahun pengalaman meneliti dan mengembangkan kesehatan kulit bagi bayi dan anak ini juga mengatakan bahwa kulit bayi sangatlah sensitif. Karena itu perawatannya pun harus lebih ekstra dibandingkan dengan merawat kulit anak atau orang dewasa pada umumnya.

Baca juga: Kulit Bayi Juga Kadang Beruntusan dan Tak Selalu Mulus, Ini Sebabnya

Biasanya potential hydrogen atau yang biasa dikenal pH, untuk orang dewasa adalah 4 hingga 7 atau 5,5 sedangkan bayi yang lahir dengan pH kulit mendekati netral, yaitu berkisar 6,6 -7,5 bergantung pada lokasi. Tapi ya itu tadi, Bun, terkadang ada bayi yang lahir dengan kulit kering.

"Salah satu ciri bayi yang mempunyai kulit kering, kalau kita sentuh kulit bayi tersebut sangat keras dan bisa juga mengelupas juga terdapat kerak-kerak kecil pada bagian tubuhnya," kata dr de Moulliac. (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi