kesehatan

Waktu Paling Tepat untuk Cuci Tangan

Amelia Sewaka 17 Okt 2017
Ini Waktu Paling Tepat untuk Cuci Tangan (Foto: Thinkstock) Ini Waktu Paling Tepat untuk Cuci Tangan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tangan merupakan sumber kuman dan penularan penyakit yang paling banyak serta paling cepat. Karena itu, penting banget menjaga agar tangan selalu bersih agar terhindar dari penyakit.

Kalau anak-anak nih, biasanya mereka suka banget memegang banyak barang, nggak peduli kotor sekalipun, lalu pegang makanan dan langsung memakannya. Namanya anak-anak, mereka nggak peduli banget ya sama namanya tangan kotor dan kuman. Maka itu, sebagai orang tua kita wajib mengingatkan ke anak betapa pentingnya cuci tangan.

dr Imran Agus Nurali SpKO dari Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes mengatakan Germas atau Gerakan Masyarakt hidup sehat itu nggak hanya berlaku untuk orang dewasa tapi juga untuk anak.

Baca juga: Biar si Kecil Nggak Cacingan, Yuk Biasakan Cuci Tangan

"Biasakan makan sayur, olahraga, dan periksa kesehatan sejak awal, karena mencegah lebih baik kan daripada mengobati. Jadi, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih sehat lagi," tutur dr Imran.

Lalu, kapan sih sebenarnya waktu yang tepat harus cuci tangan itu? Kalau kata dr Imran, kebiasaan cuci tangan pakai sabun itu ada waktu yang tepat, misalnya:

1. Sebelum makan pagi, siang dan malam
2. Setelah buang air besar
3. Setelah beraktivitas
4. Setelah memegang hewan
5. Saat mandi
6. Bahkan sebelum menyusui bayinya untuk semua ibu.

Nggak hanya itu, biasakan pula gunting kuku ya, Bun. Kebiasaan baik ini harus dimulai dari diri sendiri dan sedini mungkin, sehingga kebiasaan baik ini bisa dibawa ke rumah atau ke sekolah atau tempat lain.

Karena dengan tindakan kecil dapat mengubah segalanya lho, Bun. Hanya dengan cuci tangan dapat mengubah dunia pula. Hal ini juga sesuai dengan pilar STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakt.

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS)
2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
3. Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT)
4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT)
5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT)

Konsep Kemenkes saat ini memang diutamakan lebih ke tindakan preventif atau pencegahan. Hampir 90 persen penyakit bisa dicegah melalui kebiasaan baik cuci tangan dengan sabun.

"Ini bagus jika dibiasakan sejak usia dini atau sekolah, supaya terbiasa baik saat di rumah mau pun di sekolah. Karena edukasi ini memang tidak cukup jika dari satu lingkungan saja, baik hanya di sekolah atau di rumah saja," tutup dr Imran.

Baca juga: Tips Agar Anak Nggak Gampang Kena Flu di Musim Pancaroba

(aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi