kesehatan

Bocah Ini Alami Luka Bakar Setelah Terkena Air dari Selang Kebun

Asri Ediyati Kamis, 07 Jun 2018 - 18.47 WIB
Bocah Ini Alami Luka Bakar Setelah Terkena Air dari Selang Kebun/ Foto: Thinkstock Bocah Ini Alami Luka Bakar Setelah Terkena Air dari Selang Kebun/ Foto: Thinkstock
Las Vegas, Nevada - Bagi yang tinggal di negara empat musim, summer atau musim panas bisa jadi musim favorit untuk keluarga karena bisa pergi ke pantai dan taman rekreasi. Namun, musim panas juga bisa jadi malapetaka seperti yang dialami balita berusia sembilan bulan ini, Bun.

Dua tahun lalu balita bernama Nicholas Woodger ini harus menjalani perawatan setelah mengalami luka bakar akibat terkena air panas. Secara nggak sengaja, Nicholas tersiram air panas yang berasal dari selang kebun yang ditinggalkan dan terjemur di terik matahari.

Karena sedang musim panas, terjemurnya selang bisa memanaskan air hingga seperti air mendidih, Bun. Pada hari Senin, Las Vegas Fire and Rescue men-tweet foto anak ini, Bun. Disebutkan, Nicholas mengalami luka bakar di hampir 30 persen tubuhnya. Dilaporkan oleh KPHO TV, peristiwa itu terjadi saat ibu Nicholas mengisi air untuk kolam dan nggak sengaja air yang mengalir di selang itu tersemprot ke badan Nicholas.

Alhasil sebagian besar tubuh dan wajah Nicholas memerah karena air panas yang mendidih dan menyebabkan lapisan kulit di bahu kanan dan perutnya terkelupas. Menurut Burn Foundation, ketika air mencapai 140 derajat Celcius dapat menyebabkan luka bakar tingkat tiga hanya dalam lima detik setelah bersentuhan dengan kulit.

"Di sini di Las Vegas, selang kebun yang terkena sinar matahari langsung selama musim panas dapat memanaskan air di dalam selang yang tidak mengalir hingga 130-140 derajat yang dapat menyebabkan luka bakar, terutama bagi anak-anak dan hewan. Biarkan air mengalir beberapa menit hingga dingin sebelum menyemprotkan pada manusia atau hewan," tulis Las Vegas Fire and Rescue.

Tim Szymanski, petugas hubungan masyarakat Las Vegas Fire and Rescue mengatakan ia telah memposting Nicholas setiap tahun untuk memperingatkan keluarga lain tentang bahaya selang di bawah sinar matahari.




"Selang yang terpapar sinar matahari dapat memanaskan air yang tidak mengalir di dalamnya. Ketika orang-orang menyalakan air mereka berpikir air akan langsung menjadi dingin, tetapi itu salah, airnya bisa sangat panas," ujar Tim Szymanski kepada People.






Dengan mengunggah foto Nicholas diharapkan nggak ada lagi anak-anak lain yang mengalami peristiwa serupa dengan Nicholas. Las Vegas Fire dan Rescue juga men-tweet beberapa saran untuk menggunakan selang di musim panas seperti menunggu air mengalir keluar dari selang selama satu menit atau lebih sampai dingin. Saran ini juga berlaku saat kita mau menyemprotkan air ke hewan, Bun, karena tetap ada risiko si hewan mengalami luka bakar.

"Seorang wanita mengatakan dia pernah nggak sengaja menyemprotkan air dari selang yang ternyata sangat panas ke kadal besar peliharaannya dan kadalnya mati. Jadi dia tahu peringatan ini benar," tutur Tim.

Tim hanya ingin mengingatkan orang-orang untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan. Nah, selain selang di kebun, mungkin yang nggak banyak orang tua sadar adalah air panas dari shower, Bun. Air panas dari shower bisa sangat panas bahkan seperti air yang nyaris mendidih. Kebayang kan, Bun, saat air sepanas itu mengenai kulit anak. Hal terpenting, di mana pun anak-anak terutama balita berada sebagai orang tua kita haurs mengawasi mereka ya, Bun.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi