kesehatan

Manfaat Pijat Bayi untuk Fisik dan Psikis si Kecil

Asri Ediyati Kamis, 12 Jul 2018 - 17.53 WIB
Manfaat Pijat Bayi untuk Fisik dan Psikis si Kecil/ Foto: Grandyos Zafna/detikcom Manfaat Pijat Bayi untuk Fisik dan Psikis si Kecil/ Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Pijat bayi bukan sekadar terapi, Bun, tapi juga momen bonding untuk ibu dan anak. Sebagian besar ibu baik dulu maupun sekarang memanfaatkan momen ini untuk 'berbicara' dan bersentuhan dengan anak mereka. Nah, ada manfaat pijat bayi untuk fisik dan psikis bayi nih.

Menurut dr Bernie Endiarini Medise SpA(K) MPH pijat bayi adalah salah satu momen untuk memperkaya pengalaman sensorial dengan berbagai manfaat. Sehingga bisa dibilang pijat bayi salah satu momen untuk menstimulasi bayi. Ada pun manfaat fisiknya menurut dr Bernie sebagai berikut, Bun:

1. Membantu pengaturan fisik sistem pencernaan dan penyerapan
2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah
3. Membantu melancarkan sistem pernapasan
4. Membantu meningkatkan berat badan, dalam arti bayi akan tumbuh sehat
5. Membantu meningkatkan sistem imunitas
6. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur sehingga bayi tidur lebih lelap dan lama. Kata dr Bernie hal ini bagus untuk perkembangan memori bayi.

"Selain manfaat fisik, penelitian membuktikan bahwa pijat bisa membuat ikatan antara ibu dan anak. Hal ini berarti ada manfaat emosionalnya," kata dr Bernie di acara 'Johnsons Sentuhan Cinta' di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.



Sedangkan, manfaat emosional yang didapatkan dari pijat bayi adalah sebagai berikut, Bun.

1. Membuat ikatan atau bonding dengan ibu
2. Anak akan lebih mudah bersosialisasi. Contohnya anak akan berupaya menjangkau tangan ibunya, tersenyum dan melakukan kontak mata
3. Membantu meredakan ketidaknyamanan seperti kolik dan tumbuh gigi
4. Menurunkan produksi hormon stres dalam artian bayi selalu riang
5. Mengurangi rewel
6. Membantu bayi untuk latihan relaksasi.

Bagaimana, Bun? Manfaat pijat bayi banyak ya. Mengutip beberapa penelitian, dr Bernie juga berpesan stimulasi pijat bayi akan lebih optimal bila dilakukan menggunakan minyak atau losion saat memijat.


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi