sign up SIGN UP search


parenting

5 Gerakan Pijat Bayi Kembung, Hindari Hal Berbahaya Berikut Ya Bun

Nanie Wardhani Selasa, 05 Oct 2021 13:20 WIB
ilustrasi pijat bayi caption

Jakarta - Pijat bayi kembung bisa Bunda coba saat Si Kecil menjadi sering menangis karena merasa tidak nyaman. Masalah perut kembung memang rentan dialami bayi karena saluran pencernaannya masih belum sempurna, Bunda.

Sedangkan pijat bayi kembung dapat membantu mendorong udara yang terperangkap dalam perut Si Kecil untuk bergerak keluar. Jadi tujuannya adalah untuk memindahkan gas dan materi lain di dalam saluran pencernaan menuju usus.

Dilansir dari Healthline, banyak gerakan pijat bayi kembung yang disarankan untuk mengeluarkan gas dari perut Si Kecil. Gerakannya bisa dimulai di kanan bawah perut bayi (tempat usus besar dimulai) dan berakhir di kiri bawah perut bayi (tempat usus besar dimulai). Dalam posisi menghadap Si Kecil, ini berarti bergerak dari kiri ke kanan.


Nah, berikut ada 5 teknik pijat perut bayi kembung yang disarankan Vimala McCure, terapis pijat bayi berpengalaman sekaligus pendiri Vimala Schneider McClure yang dikutip dari bukunya, Pijat Bayi: Buku Pegangan untuk Orang Tua yang Penuh Kasih antara lain:

1. Gerakan tangan searah jarum jam

Bayangkan bentuk jam di perut bayi Bunda. Mulailah pada jam 7 atau 8 dan bergerak dari kiri ke kanan dalam bentuk setengah bulan, tekan dan geser tangan Bunda dengan lembut dalam gerakan searah jarum jam. Satu tangan mengikuti yang lain.

2. Gerakan mendayung

Dengan menggunakan sisi panjang dan kelingking tangan Bunda secara horizontal melintasi perut bayi, tekan perlahan di dekat tulang rusuk dan geser ke bawah sepanjang perut bayi. Satu tangan mengikuti yang lain.

3. Gerakan Penuh

Letakkan kedua ibu jari Bunda rata di atas perut bayi Bunda, di atas pusar. Dengan lembut tekan ke arah dalam, geser ibu jari menjauh satu sama lain.

ilustrasi pijat bayiilustrasi pijat bayi/ Foto: iStock

4. Gerakan I Love U

Mulai dari sisi kanan pusar bayi Bunda, bentuk huruf I. Ikuti dengan menelusuri huruf L, ke samping, mulai dari sudut kiri atas perut bayi, bergerak melintasi dan ke bawah sisi kanan. Akhiri dengan bentuk U terbalik, mulai dari sudut kiri bawah perut bayi dan telusuri ke atas, lalu melintasi batang tubuh di atas pusar, dan kembali ke sisi kanan. Jangan lewatkan kesempatan untuk memberi tahu bayi Bunda betapa Bunda juga mencintainya selama ini!

5. Gerakan berjalan di bulan

Mulai tepat di atas pusar di sisi kiri, kemudian bergerak dengan lembut dan geser jari telunjuk dan jari tengah Bunda melintasi tubuh bayi ke sisi kanan.

Demikian beberapa pilihan langkah yang bisa Bunda coba terapkan kepada Si Kecil untuk pijat bayi kembung agar dapat menghilangkan kembung dan rasa tidak nyaman yang dirasakan Si Kecil.

Sebelum menerapkan langkah-langkah di atas, Bunda bisa melakukan beberapa hal untuk menyiapkan pijat bayi kembung, lengkapnya di halaman berikut ya Bunda.

Bunda, simak juga yuk manfaat pijat bayi untuk Si Kecil seperti dijelaskan dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Ilustrasi tips pijat bayi kembung
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!