sign up SIGN UP search


parenting

5 Minyak Alami yang Ternyata Tidak Cocok Dipakai untuk Pijat Bayi

Asri Ediyati Minggu, 11 Oct 2020 08:56 WIB
Olives assortment in bowl with oil. Top view. Copy space caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda tahu, pijat bayi memiliki banyak manfaat. Tapi ingat, harus dilakukan dengan cara yang tepat ya.

Menurut dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, dr.Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH, salah satu stimulasi terbaik yang bisa Bunda lakukan pada bayi adalah dengan pijat bayi.

"Karena saat memijat bayi akan ada sentuhan, kontak mata, dan juga interaksi antara Bunda dan bayi," ujarnya.


Selain itu, dilansir Parenting Firstcry, pijat bayi bisa membuat bayi merasa aman, mengurangi tangisannya, mengatur pernapasan, dan membuatnya hangat. Pijat bayi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke tangan dan kaki, melancarkan pencernaan, bahkan bisa mengatur pola tidur bayi.

Pijat bayi tidak lepas dengan bahan pendukungnya yaitu minyak. Nah, soal minyak pijat bayi ternyata ada beberapa minyak alami yang tidak cocok dipakai. Beberapa kandungan di dalamnya malah membuat kulit bayi iritasi.

Apa saja minyaknya? Berikut daftarnya, Bunda:

1. Minyak zaitun

Mengutip Healthline, meskipun minyak zaitun terkesan pilihan yang baik karena bisa menyehatkan jantung untuk diet harian, minyak zaitun tidak baik untuk kulit halus bayi.

Salah satu lemak dalam minyak zaitun disebut asam oleat. Lemak ini bisa merusak kulit, Bunda. Alih-alih meringankan masalah kulit, minyak zaitun sangat tidak aman dipakai bayi yang mengalami eksem atau ruam kulit lainnya.

2. Minyak alpukat

Meskipun alpukat tumbuk adalah makanan bayi yang bagus untuk si kecil saat mulai makan makanan padat, ternyata tidak bagus untuk kulit bayi.

Seperti minyak zaitun, minyak alpukat mengandung asam oleat lemak. Kandungan ini dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

3. Minyak kacang tanah

Minyak kacang tanah mengandung protein kacang tanah. Beberapa bayi mungkin sensitif terhadap kacang atau alergi terhadap kacang. Menggunakan minyak kacang dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan reaksi pada bayi.

4. Minyak kedelai

Seperti minyak zaitun, minyak kedelai juga mengandung asam oleat, Bunda. Kandungan ini justru dapat merusak pelindung kulit (skin barrier) bayi. Pada akhirnya, malah menyebabkan iritasi dan kemerahan di kulit bayi.

5. Minyak tea tree

Dari kulit bayi yang halus dan mulus rasanya enggak tega deh memberikan minyak yang justru menyebabkan iritasi. Ya, minyak tea tree ini meskipun memiliki sifat antibakteri dan antivirus tetapi dapat menyebabkan iritasi pada kulit halus bayi.

Biasanya, minyak tea tree ini merupakan kandungan perawatan kulit yang berjerawat, dan hanya untuk orang dewasa. Jadi, dengan memberikan daftar ini, semoga Bunda enggak salah pilih dalam memakai minyak untuk pijat bayi ya.

Simak juga cara pijat bayi agar lancar BAB:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!