sign up SIGN UP search


parenting

4 Teknik Pijat Bayi Ini Ampuh Redakan Pilek Si Kecil Lho, Dicoba yuk Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 11:30 WIB
Mother massaging kid belly, baby laughing. Treatment of colic. Isolated on white background caption

Jakarta - Bayi rentan terhadap batuk dan pilek selama enam bulan pertama kehidupannya. Hal ini karena kekebalan tubuh anak yang masih terus berkembang dan belum sempurna. Bunda biasanya akan sering menemukan hidung tersumbat pada Si Kecil. Selain itu karena mereka menghabiskan banyak waktu berbaring, dada Si Kecil juga bisa menjadi sesak.

Melansir dari laman Kids Health, hidung tersumbat dan dada yang sesak juga dapat menyebabkan banyak tekanan pada wajah dan tulang rusuk bayi serta Si Kecil merasakan tertekan, sakit, dan tidak nyaman. Untuk itu orang tua bisa mengatasi pilek ini dengan memberikan pijat bayi. 

Teknik pijat bayi

Nah, bagaimana teknik pijat bayi yang tepat agar efektif meredakan pilek Si Kecil Bunda. Cobalah empat teknik pijat bayi berikut ini Bunda. Hanya dengan menggunakan jari-jari Bunda dan dengan memberikan sedikit tekanan Si Kecil bisa merasa nyaman kembali. 


  1. Mulailah dengan menggosok jari-jari di atas hidung, ke bawah hidung dan ke bawah mata.
  2. Lakukan rintik hujan di pipi. Ketuk dengan lembut ujung jari di wajah bayi, ini dapat mengurangi hidung tersumbat.
  3. Kemudian letakkan tangan Bunda di atas dada bayi dengan ujung jari, mengarah ke dagu dan dengan lembut telusuri jantung dengan jari melintasi tulang selangka, turun ke tulang rusuk dengan gerakan ke atas menuju tengah dada bayi.
  4. Lakukan pijatan ke seluruh tulang rusuk bayi.

Bunda dapat mengulangi gerakan ini dua atau tiga kali sehari, jika bayi masih terlihat tidak nyaman saat bernapas karena pilek.

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

Manfaat pijat bayi

Pijat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Membawa darah kaya oksigen dan nutrisi ke area tertentu, seperti wajah dan dada. Dengan pijatan juga membantu menggerakkan sistem limfatik, merangsangnya untuk bertindak untuk mempercepat pembuangan limbah dan mendukung penyembuhan.

Ada teknik khusus yang digunakan untuk area yang memengaruhui pilek pada bayi Bunda. Bunda bisa menggunakan teknik yang disebut 'mengetuk' yang bagus untuk memecah lendir. Bunda bisa melakukannya sambil menyanyikan dan lagu anak-anak dan mengetukkan jari-jari di sekitar dada bayi sehingga membuat hal ini lebih menyenangkan Bunda. 

Mother makes massage with baby oil 4 Teknik Pijat Bayi Ini Ampuh Redakan Pilek Si Kecil Lho, Dicoba yuk Bun/ Foto: iStock

Selain mengetuk, ada lagi teknik lain seperti 'air terjun'. Bunda dalat melakukannya dengan lembut menggeser jari ke arah bawah di kedua sisi hidung. Teknik ini membantu untuk mengatasi hidung tersumbat. 

Pijat dapat mendorong pelepasan hormon perasaan baik dan endorfin seperti oksitosin yang membantu bayi Bunda merasa dicintai, ditenangkan, dan dihibur. Bayi juga menjadi lebih tenang dan tidak rewel Bunda. 

"Pijat bayi memiliki banyak manfaat salah satunya dapat membantu dalam meredakan hidung tersumbat dan menghilangkan batuk dan pilek pada bayi. Pijat bayi juga meningkatkan hubungan bayi dan orangtua," kata Karen Gill dokter anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline, Jumat (8/4). 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MELAKUKAN PIJAT BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!