kesehatan

Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda

Suherni Sulaeman 19 Jul 2018
Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda/ Foto: Suherni Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda/ Foto: Suherni
Gorontalo - Sekitar 50 anak usia di bawah dua tahun (baduta) ini penampilannya unik deh. Mereka mengenakan jubah toga, lengkap dengan topi wisudanya. Wah, kecil-kecil sudah diwisuda nih.

Nah, yang mewisuda anak-anak ini juga bukan orang sembarangan lho, Bun. Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, yang mewisuda mereka. Hmm, keren banget sih, Nak.

Jadi anak-anak ini merupakan anak-anak di Desa Iloponu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Mereka diwisuda karena sudah melengkapi imunisasi dasar lengkap atau IDL. Ya, anak-anak yang imunisasi dasarnya sudah lengkap berhak melaksanakan prosesi kelulusan.

"Saya kira itu bagus ya, memotivasi agar ibu-ibu itu menggambarkan anaknya itu nanti sehat, pandai, dan akan jadi sarjana," kata Nila mengomentari kegiatan wisuda anak-anak baduta ini.

Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda/Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda/ Foto: Suherni


Setidaknya dari wisuda imunisasi, ibu-ibu akan terpacu untuk menyekolahkan anak setinggi-tingginya. Sekarang wisuda imunisasi lengkap dulu, nah kelak baru wisuda karena menyelesaikan pendidikan. Hitung-hitung 'pemanasan' hadir di wisuda anak dulu ya, Bun, he-he.

"Boleh dong mimpi seperti itu, tapi mesti ada upaya," sambung Nila.

Selain acara wisuda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir, menyebutkan bahwa anak-anak juga berhak memperoleh sertifikat yang telah menjadi syarat untuk masuk ke pendidikan selanjutnya, seperti taman kanak-kanak, dan juga sekolah dasar. Roni menegaskan pihaknya akan selalu berupaya agar semua anak mendapatkan sertifikat dengan imunisasi dasar lengkap.

"Bila perlu kita lakukan sweeping, kita punya data by name by adress, kita datang ke rumahnya kalau ada yang belum diimunisasi. Jika ada yang belum langkap (imunisasi) kita ajukan untuk lakukan lagi," terang Roni.

Imunisasi untuk Anak

Pemberian imunisasi disesuaikan dengan usia anak ya, Bun. Berikut ini informasi yang dikutip dari situs Kemenkes.

Untuk imunisasi dasar lengkap:

1. Bayi berusia kurang dari 24 jam diberikan imunisasi Hepatitis B (HB-0)
2. Usia 1 bulan diberikan BCG dan Polio 1
3. Usia 2 bulan diberikan DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2
3. Usia 3 bulan diberikan DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3
4. Usia 4 bulan diberikan DPT-HB-Hib 3, Polio 4 dan IPV atau polio suntik
5. Usia 9 bulan diberikan campak atau MR.

Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda/Keren Nih, Anak-anak Umur 2 Tahun Sudah Diwisuda/ Foto: Suherni


Untuk imunisasi lanjutan:

1. Baduta usia 18 bulan diberikan imunisasi DPT-HB-Hib dan campak/MR
2. Anak kelas 1 SD/madrasah/sederajat diberikan DT dan campak/MR
3. Anak kelas 2 dan 5 SD/madrasah/sederajat diberikan Td yang merupakan imunisasi lanjutan dari Dt agar anak semakin kebal difteri, tetatus, dan pertusis. (hrn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi