kesehatan

Timbul Bercak Merah di Wajah Bayi ASI, Sudah Pasti Ruam Susu?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 24 Sep 2018 - 08.03 WIB
Ilustrasi ruam susu/ Foto: Dhani Irawan Ilustrasi ruam susu/ Foto: Dhani Irawan
Jakarta - Pada bayi ASI termasuk yang sedang masa ASI eksklusif, kadang bisa timbul bercak merah atau ruam di wajahnya. Nah, salah satu hal yang sering jadi pertanyaan orang tua apakah bercak merah itu ruam susu yang disebabkan ASI?

Menurut konselor laktasi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Ameetha Drupadi CIMI ASI memang mengandung nutrisi seperti karbohidrat dan lemak. Maka dari itu, dr Ameetha menyarankan ketika bayi selesai menyusu dan ada ASI yang menempel di wajah terutama pipi, harus segera dilap atau dibersihkan.

"Ruam susu itu lebih ke sisi kebersihan sih. Bukan karena ASI-nya. Ada karbohidrat dan lemak menempel pada kulit bisa aja menimbulkan ruam. Bahkan kalau orang dewasa aja bakal jerawatan mukanya kan," tambah dr Ameetha.



Dilansir Healthfully, ruam susu umumnya nggak disebabkan ASI. Sehingga, dalam waktu beberapa hari sudah hilang sendiri. Hal terpenting jaga kebersihan kulit si kecil, Bun. Namun, bila ruam susu nggak kunjung hilang bisa jadi bayi mengalami alergi yang umumnya disebabkan susu sapi yang dikonsumsi ibu.

Ilustrasi ruam susuIlustrasi ruam susu /Foto: Dhani Irawan
Bila ruam susu makin parah dibarengi gejala seperti kolik parah, perut nggak nyaman, bayi rewel dan ada perdarahan di feses, segera bawa si kecil ke dokter ya, Bun. Sebagai penanganannya, hindari produk susu sapi dalam diet Bunda kalau bayi masih ASI eksklusif. Kalau bayi sudah mendapat makanan pendamping ASI (MPASI) beri satu makanan baru dalam satu jenis selama beberapa hari berturut-turut untuk melihat kemungkinan anak alergi.

Disampaikan dr Aditya Suryansyah, SpA dari RSAB Harapan Kita bercak merah di pipi adalah alergi kulit yang disebut sebagai dermatitis atopik. Penyebabnya bukan dari sisa ASI yang menempel di kulit. Nah, penyebab tersering adalah pemberian susu sapi. Namun ini bisa juga, Bun, terjadi pada bayi yang hanya diberi ASI.

Menurut dr Aditya, penyebab terseringnya adalah ibu mengonsumsi susu. Selain itu, biasanya ibu mengonsumsi penyebab alergi (alergen) misalnya bahan makanan yang mengandung tinggi protein hewani seperti telur atau ikan laut. Ya, istilah ruam susu sebenarnya bukan karena wajah bayi benar-benar terkena ASI, melainkan karena anak alergi terhadap asupan yang dikonsumsi ibu dan diberikan melalui ASI, demikian dilansir detikHealth.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi