sign up SIGN UP search


parenting

5 Obat Rumahan untuk Atasi Ruam pada Bayi, Mudah Didapat Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 06 May 2022 09:10 WIB
Young adult mother hand applying white medical ointment on toddler leg. Red rash on skin from diaper. Care about baby body. Closeup. Front view. Isolated on light gray background. caption

Jakarta - Tahukah Bunda? Kulit bayi, terutama bayi yang baru lahir sangatlah sensitif sehingga rentan mengalami penyakit ruam kulit jika dibandingkan dengan orang dewasa dan anak-anak yang lebih besar lainnya.

Apalagi bagi ibu baru mungkin akan lebih panik bila menemukan kondisi ini pada buah hatinya. Tak perlu panik Bunda, ruam kulit adalah hal yang wajar dan biasa terjadi pada sebagian besar bayi kok.

Sebagian besar Bunda baru pastinya bertanya-tanya, apa yang menyebabkan Si Kecil bisa mengalami ruam pada kulit lembutnya itu? Apakah Si Kecil merasa tidak nyaman karena rasa gatal dan sakit yang ia rasakan? Lalu, bagaimana cara menyembuhkannya?


Meskipun ruam pada bayi ini sering terjadi, sebagian besar tidak menimbulkan kekhawatiran. Namun, Bunda bisa menyembuhkannya dengan berbagai cara pengobatan sederhana yang bisa Bunda lakukan di rumah.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Lalu, bagaimana cara mengobati ruam pada kulit Si Kecil? Yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya adalah obat terkenal untuk kulit terbakar, tetapi bisa juga bekerja untuk biang keringat yang mungkin dialami Si Kecil. Baik dalam bentuk pasta dari apotek atau langsung dari tanamannya. Lidah buaya akan mendinginkan ruam karena mengandung sifat anti-inflamasi dan tidak menyumbat pori-pori pada kulit bayi yang sudah teriritasi.

Melansir dari laman Hopscotch, lidah buaya adalah obat paling ajaib dari alam untuk ruam dalam bentuk apa pun. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengekstraksi gel dari daun lidah buaya dan mengoleskannya langsung ke area yang terkena atau terinfeksi.

Baby boy lying on the bed with hands in the mouth while getting his diaper changed.5 Obat Rumahan untuk Atasi Ruam pada Bayi, Mudah Didapat Bun/ Foto: Getty Images/skynesher

2. Kompres es atau kain lembap dingin 

Ini adalah salah satu pengobatan rumah paling dasar untuk ruam panas. “Anda dapat secara alami menenangkan biang keringat dengan mengoleskan kain flanel dingin ke ruam selama tidak lebih dari 20 menit dan menepuk ruam, bukan menggaruknya,” kata Anshu Kaura, apoteker LloydsPharmacy, dikutip dari laman Good To Know.

Menggaruk atau menggosok ruam panas hanya akan membuat ruam semakin mengiritasi dan jika kulit pecah, ruam dapat terinfeksi dan memerlukan perawatan medis lebih lanjut. Untuk alasan yang sama, apoteker Anshu mengatakan untuk menghindari penggunaan produk wewangian pada biang keringat karena dapat memperburuk kondisi Si Kecil.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang tips atasi ruam popok pada anak ala Carissa Puteri.

[Gambas:Video Haibunda]



CAMPURAN OATMEAL HINGGA DINGINKAN SELURUH TUBUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!