kesehatan

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh, Bunda Wajib Tahu

Safira Raudhatul Rabu, 07 Nov 2018 - 16.35 WIB
Ilustrasi minum air putih/ Foto: Istock Ilustrasi minum air putih/ Foto: Istock
Jakarta - Dalam keseharian, Bunda perlu pastikan keluarga mendapat asupan cairan terutama air putih yang cukup ya. Soalnya, konsumsi cairan berpengaruh banget pada kesehatan kita, Bun.

Air berguna untuk pembentukan sel dan cairan tubuh. Kemudian, air berguna untuk pengaturan suhu tubuh. Air juga berfungsi sebagai pelumas sendi dan bantalan serta berguna untuk pelarutan pada proses pencernaan.

"Kita bisa periksa apakah kita kekurangan air atau tidak bisa kita lihat dari keringnya bibir, kulit yang kering dan warna urine yang pekat," kata Ketua IHWG, Prof DR dr Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, saat ditemui di acara Indonesian Hydration & Health Conference (IH2C), di Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).



Pria yang akrab disapa dr Iko ini menambahkan tubuh terdiri dari 60 persen cairan dari mulai rambut sampai ujung kaki. Jika tubuh kekurangan cairan atau kurang minum air putih, efeknya sudah pasti nggak baik bagi kesehatan.

Ilustrasi minum air putihIlustrasi minum air putih/ Foto: Istock
"Akibatnya kita ini akan mengalami dehidrasi kronik. Akibatnya bisa merangsang terjadinya peradangan kronis yang mengakibatkan penyakit gagal ginjal, kencing manis dan hipertensi," sambung dr Iko.

Bagi anak, mengonsumsi air putih juga berguna meningkatkan konsentrasi yang bisa mendukung kemampuan kognisi si kecil. Dengan berkonsentrasi, anak bisa lebih mudah menyerap pelajaran di sekolah, Bun.

Dianjurkan, Bunda dan keluarga minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Cukup atau nggaknya asupan cairan salah satunya bisa dilihat dari warna urine. Jika keruh, itu tandanya tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.



(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi