sign up SIGN UP search


parenting

Ketahui Jumlah Cairan yang Dibutuhkan Si Kecil sesuai Usianya, Catat yuk Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 07 Jan 2022 07:01 WIB
Caucasian toddler girl is drinking milk in living room. Ilustrasi anak minum/Foto: istock

Jakarta - Bunda, sebanyak 75 persen tubuh bayi yang baru lahir terdiri dari cairan, sedangkan orang dewasa sebanyak 60 persen. Maka itu, kita tentu membutuhkan air demi kelangsungan reaksi kimia dasar pada tubuh.

Apabila kita tidak minum cukup air, tubuh pastinya tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi wajar saja bila tubuh terasa sangat lelah saat mengalami dehidrasi, Bunda.

“Air harus menjadi sumber utama hidrasi untuk anak-anak di atas usia 1 tahun,” kata Grace Shea, ahli diet anak, dikutip dari Healthline.


Cairan sangat penting untuk kesehatan karena sel-sel dalam tubuh kita bergantung padanya untuk berfungsi secara normal dan juga untuk membuang produk limbah. Berikut manfaat minum air dalam menunjang kesehatan tubuh:

1. Baik untuk seluruh anggota tubuh

Tubuh manusia hanya membutuhkan air yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Minum cukup juga meningkatkan metabolisme internal dan membantu tubuh memecah makanan dengan benar.

2. Membantu meringankan sakit kepala

Saat mengalami sakit kepala atau migrain, minum banyak air putih adalah hal pertama yang harus dilakukan. Karena ini biasanya disebabkan oleh dehidrasi, air dapat memberikan sedikit kelegaan. Cara yang baik untuk mencegah sakit kepala adalah dengan tetap terhidrasi sepanjang hari.

3. Membuat tubuh tetap terjaga, bugar, dan terkonsentrasi

Salah satu gejala dehidrasi yang paling umum adalah kelelahan. Minum air putih yang cukup dapat membantu tubuh tetap segar dan terjaga. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak bekerja dengan baik dan kinerja dapat menurun.

Minum air dapat membantu memberi energi pada otot-otot yang lelah ini. Dehidrasi dapat menyebabkan gangguan rentang perhatian, memori dan keterampilan motorik.

Karena otak sebagian besar terdiri dari air, minum membantunya bekerja, berpikir dan berkonsentrasi lebih baik dan lebih waspada. Ketika anak cukup minum, mereka lebih bisa mengikuti pelajaran di sekolah dan fokus pada tugas dan ujian.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

4. Menghemat kalori

Air tidak memiliki kalori, lemak, karbohidrat atau gula jika dibandingkan dengan minuman ringan yang sering kali sangat manis. Mengonsumsi minuman bersoda dalam kadar tinggi dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh seperti obesitas hingga diabetes.

Lalu berapa banyak cairan yang dibutuhkan anak? Jumlah cairan yang dibutuhkan anak-anak tergantung pada jenis kelamin dan usia mereka. Faktor lain yang bergantung pada asupan adalah suhu, kelembapan, tingkat aktivitas, dan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan.

“Jumlah air yang dibutuhkan anak tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas,” Kata Grace.

Namun, menurut American Academy of Pediatrics (APP), anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 4 cangkir minuman per hari, termasuk air atau susu. Ini meningkat untuk anak yang lebih besar menjadi sekitar 5 cangkir untuk usia 4-8 tahun, dan 7-8 cangkir untuk anak yang lebih besar.

Berikut ini jumlah carian yang dibutuhkan oleh anak-anak menurut The European Food Safety Authority (EFSA).

  • Anak laki-laki dan perempuan usia 4-8 tahun, 1,1 hingga 1,3 liter per hari
  • Anak laki-laki usia 9-13 tahun, 1,5 hingga 1,7 liter per hari
  • Anak perempuan usia 9-13 tahun, 1,3 hingga 1,5 liter per hari.

Lalu, bagaimana cara mendorong anak agar minum air yang lebih banyak? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang bahaya memberikan minuman bersoda untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENDORONG ANAK AGAR MINUM BANYAK AIR PUTIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!