kesehatan

Perhatikan Kebersihan Kulit di Area Lipatan Tubuh Bayi Ya, Bun

Siti Hafadzoh Kamis, 29 Nov 2018 - 15.49 WIB
Ilustrasi kulit bayi/ Foto: iStock Ilustrasi kulit bayi/ Foto: iStock
Jakarta - Bayi yang gemuk terlihat menggemaskan, setuju nggak, Bun? Apalagi, badan dan kakinya banyak lipatan yang mirip roti sobek, he-he-he. Meski begitu, Bunda perlu tahu area lipatan tubuh inilah yang harus diperhatikan kebersihan dan kesehatannya.

Bunda harus memastikan area lipatan di tangan dan kaki si kecil benar-benar bersih. Dokter spesialis anak, dr Margareta Komalasari, SpA menyarankan agar memandikan si kecil dengan teliti dan bersih. Setelah mandi, keringkan tubuh bayi, terutama di area lipatan. Saat menyekanya dengan handuk harus benar-benar sampai kering sempurna ya. Soalnya, kalau area lipatan kulit bayi masih basah dan lembap akan menimbulkan jamur di area tersebut.

"Bunda harus betul-betul teliti dalam membersihkan si kecil pada waktu mandi juga harus bersih dan betul-betul kering. Terutama di area lipatan itu. Nanti kalau ada risiko infeksi, jamur, atau justru malah membahayakan si kecil," ujar dr Margareta.



Biasanya, setelah mandi, Bunda mengoleskan bedak bayi atau minyak telon di tubuh anak supaya lebih wangi. Tapi, untuk bayi yang tubuhnya banyak lipatan, dr Margareta menyarankan untuk memakai lotion saja di area lipatan tersebut, Bun.

Ilustrasi kulit bayiIlustrasi kulit bayi/ Foto: iStock
"Saran saya sebaiknya pakai yang lotion. Memang kalau lotion basicnya ada water, ada juga minyak. Jadi justru melembabkan," kata dr Margareta di sela-sela Cerita Bunda di Playparq Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Gimana? Selama ini Bunda sudah benar belum membersihkan area lipatan tubuh si kecil? Kalau belum, coba ikuti saran dr Margareta ya, supaya kesehatan kulit bayi tetap terjaga.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi